PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN (PADA MATERI ENERGI DAN DAYA LISTRIK)

Main Article Content

Darmawan Harefa

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas IX-A dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas IX-B dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan kondisi awal hasil belajar (Pretest) siswa seimbang. Rata-rata hasil belajar (Pretest) diperoleh kelas eksperimen 61,56 dan kelas kontrol 60,46 sedangkan Rata-rata hasil belajar (Posttest) diperoleh kelas eksperimen 82,06 dan kelas kontrol 64. Analisis data perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 12,45 dan ttabel = 1,671. Hal tersebut menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar fisika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada materi Energi dan Daya listrik.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Harefa, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN (PADA MATERI ENERGI DAN DAYA LISTRIK)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 231, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto Suharni. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri, 2010, Startegi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Gulo, W. 2011. Strategi Belajar Mengajar. PT.Grasindo. Jakarta.
Hamalik, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Perpustakaan Nasional. Jakarta.
Kanginan, Martin. 2002. FISIKA untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful dkk. 2008. Belajar IPA. Jakarta: pusat pembukuan
Sanjaya, Wina, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA. Yogyakarta.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cetakkan ke-4 PT Rineka Cipta.
Sudjana, 2002, Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
, 2006, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sugiyono, 2012. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
Sukmadinata, N. S.2015. metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press
Supiyanto. 2007. Fisika Untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Phibeta.
Syah, Darwyan dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Usman, Uzer, 2010. Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Bourne, Lyle Eugene, dkk. Cognitive Progress. http://books.google.co.id/books?id=IToQAQAAIAAJ&dq=editions:1NcO-P9iSikC&hl=id
Pedagogiek Perkembangan Kognitif Peserta Didik. http://pedagogienerina.blogspot.com/2012/01/v-behaviorurldefaultvmlo.html