VALIDITAS HANDOUT BERGAMBAR DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SUSUA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Main Article Content

Yohanna Theresia Venty Fau

Abstract

Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran yakni Handout. Berdasarkan permasalahan yang terdapat dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 6 Susua maka diperlukan adanya bahan ajar berupa handout bergambar yang dilengkapi dengan peta konsep pada materi sistem peredaran darah manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan handout bergambar dilengkapi peta konsep pada materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Susua serta mengetahui kriteria validitasnya. Jenis penelitian adalah research and development dengan model pengembangan Plomp. Instrumen yang digunakan berupa instrumen validasi handout bergambar dilengkapi dengan peta konsep. Lembar validasi ini menggunakan angket berupa daftar pertanyaan yang akan diberikan kepada  ahli/pakar, analisis penilaian mencakup syarat didaktik, konstruk dan teknis. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis validitas menggunakan data validitas handout bergambar dilengkapi dengan peta konsep. Validitas handout bergambar dilengkapi dengan peta konsep diperoleh dari hasil validasi menggunakan lembar validasi ahli oleh tiga orang ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada syarat didaktik mendapat nilai 82,69% dengan kriteria sangat valid, syarat konstruk mendapat nilai 83,97% dengan kriteria sangat valid, syarat teknis mendapat nilai 86,90% dengan kriteria sangat valid, dan rata rata keseluruhan ketiga syarat mendapat nilai 84,52%  dengan kriteria sangat valid. Handout bergambar dilengkapi dengan peta konsep berhasil dikembangkan dengan kriteria validitas sangat valid dan diharapkan dapat menjadi bahan ajar dalam pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran yang membantu meningkatkan kompetensi belajar siswa dari segi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Fau, “VALIDITAS HANDOUT BERGAMBAR DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SUSUA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 244, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Audina, D. dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar (Handout) Ritmis untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 5 (3): 276-286.
Belawati, T. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hakim, L. 2017. Development Of Chemistry Worksheet Based Learning Inquiry For Student In Senior High School. Advances in Social Sciences, Education and Humanities Research (ASSEHR). Vol 149.
Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Plomp, T dan Nieveen, N. 2013. Educational Design Research Part A: An introduction Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands. Enschede, the Netherlands. Enschede, November 2013.
Prastowo, A. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Tematik; Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rochmad. 2011. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Thompson, Nathan A. 2013. Reliability & Validity. Assessment Systems Worldwide, LLC: 1–4.
Yusuf, A. M. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press