PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN TOPIK PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Main Article Content

Baziduhu Laia

Abstract

 Penilaian masyarakat terhadap pendidikan IPS sebagai mata pelajaran yang membosankan dan sulit dimengerti disebabkan oleh budaya mengajar yang didominasi oleh guru sebagai sumber segala informasi. Salah satu model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui   Model Pembelajaran Discovery Learning. Untuk itu, penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning  dalam  meningkatkan hasil belajar siswa baik aspek kognitif, aspek sikap dan aspek keterampilan melalui pelaksanaan tahapan-tahapan model pembelajaran Model Pembelajaran Discovery Learning  dalam proses belajar mengajar pendidikan IPS. Temuan hasil penelitian bahwa, model pembelajaran Discovery Learning  mampu mendorong guru mengajar dengan budaya bervariasi, sehingga kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh siswa. model pembelajaran Discovery Learning dalam membahas mata pelajaran IPS terpadu mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif, aspek sikap dan aspek keterampilan. Melalui model pembelajaran Discovery Learning guru berperan sebagai motivator, fasilitator, dan mediator bagi siswa agar mau melakukan kegiatan belajar secara sungguh-sungguh. Melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning hasil belajar siswa memgalami peningkatan secara keseluruhan terutama kelompok siswa yang berprestasi rendah.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Laia, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN TOPIK PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 285, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Anas, 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Arifah dkk. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Mentari Pustaka. Yokyakarta
Bagus Putrayasa, 2012. Buku Ajar Landasan Pembelajaran. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. Tidak diterbitkan
Bermawi Munthe, 2009. Desain Pembelajaran. Pustaka Insan Madani: Yokyakarta.
Depdiknas, 2008. Penilaian Hasil Belajar. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
Djamarah, 2006, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati 2009, Belajar Dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta. Jakarta
Harefa, 2008. Evaluasi Proses & Hasil Pembelajaran Matematika. Diktat Tidak Diterbitkan: IKIP Gunungsitoli
Herliana, dkk,2000. Penilaian Hasil Belajar. Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan Ilmu pengetahuan alam(PPPPTK IPA)
Kemendikbud, 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Smp Ilmu Pengetahuan Sosial. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Marbun dkk. 2009. Modul Strategi Belajar Mengajar. Tim Dosen Unimed
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013
Risqi Rahman, 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa Smk Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.1, Februari 2014
Riduwan, 2010, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Alfabeta. Bandung
Sudjana, 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosda Karya Offset, Bandung
Sumiati. 2012, Metode Pembelajaran. PT. Mentari Pustaka. Yokyakarta
Sagala, 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempegaruhinya, Rineka, Cipta, Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
Winataputra, 2004. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka, Jakarta
Zainal arifin, 2012. Perencanaan Pembelajaran Dari Desain Sampai Implementasi. PT. Pustaka Insan Madani