PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE INTERACTIVE BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER MATERI POKOK SISTEM BILANGAN UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK WACHID HASYIM 2 DAN SMK SEJAHTERA SURABAYA.

Main Article Content

Devi Dwi Cahyanto Iskandar Wiryokusumo Suhari .

Abstract

Pengembangan media Mobile Interactive Berbasis Android pada Mata pelajaran sistem komputer dengan pokok materi sistem bilangan bertujuan untuk memberikan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Media Mobile Interactive Berbasis Android merupakan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program Android yang berisi materi pelajaran yang akan diterapkan dalam handphone Android ataupun Tab yang dimiliki siswa. Dengan media ini dapat mempermudah penyampaian materi sistem komputer pokok bahasan sistem bilangan yang sulit untuk dipahami siswa dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang hasil untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan didasarkan pada uji validasi oleh ahli materi dan ahli media melalui wawancara terstruktur. Dari hasil analisis reviu ahli materi dihasilkan persentase nilai sebanyak 93,75% yang dapat disimpulkan baik sekali. Dari hasil analisis reviu ahli media dihasilkan persentase nilai sebanyak 91,71% yang dapat disimpulkan baik sekali. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media didasarkan pada angket respon siswa. Dari hasil analisis uji coba angket perorangan dikategorikan baik sekali dengan perolehan persentase 91,41%, hasil uji coba angket kelompok kecil dikategorikan baik sekali dengan perolehan persentase 87,81%, dan hasil uji coba angket kelompok besar dikategorikan baik sekali dengan perolehan persentase 91,61%.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Cahyanto, I. Wiryokusumo, and S. ., “PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE INTERACTIVE BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER MATERI POKOK SISTEM BILANGAN UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK WACHID HASYIM 2 DAN SMK SEJAHTERA SURABAYA.”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 328, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

AECT. 1989. Terjemahan oleh Yusufhadi Miarso. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Ahmad, R. 1997. Media Instrusional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Anderson, R. H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arthana, I. K dan Dewi, D. K. 2005. Evaluasi Media Pembelajaran. Surabaya: Teknologi Pendidikan-Unesa.(Bahan ajar kuliah Teknologi Pendidikan)
Briggs, L. J. 1977. Principles Of Instructional Design (2nd Edition). New York: Holt, Rinehart and Winston.
Degeng. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Heinich, R., Russell, J. D., Molenda, M., dan Smaldino, S. E. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey, Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall. Upper Saddle River
Ichwan, M. 2013. Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android. Dimuat Pada Jurnal Informatika. ISSN: 2087‐5266. Jurusan Teknik Informatika
Januszewski, A. and Molenda, M. 2008. Educational Technologi A definition with Commentary. USA: Taylor & Francis Group, LLC
Miarso, Y. 2004. Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2005. Teknologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Rusijono dan Mustaji. 2008. Penelitian Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Rusman.2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sa’ud, U. S. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A. 2007. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A. 2008. Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan Pemanfaatannya). Jakarta: Rajawali.
Safaat, N. 2011. Pemprograman aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika.
Schramm, W. 1995. The Process Effect Of Mass Communication, University Of Illinois Press Urbana.
Seels, B. B. and Richey, R. C. 1994. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Setijadi. 1997. Definisi Teknologi Pendidikan/Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. Jakarta : PT Rajawali.
Soeharto, K. 2008. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Surabaya Intellectual Club.
Sudjana, N., dan Rivai, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, M. A., dan Zuhairi, A. 2004. Pendidikan Jarak Jauh, Teori dan Praktek. Jakarta: Universitas Terbuka
Suparno. 2001. Teori Perkembangan Kognitif. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilana, R., dan Riyana, C. .2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Thiagarajan, S., Semmel, D., And Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System
Tim APJII. 2018. Potret Pengguna dan Perilaku Internet Indonesia. Buletin APJII Edisi-2 2018. Jakarta. 4 April 2018. Hal 3.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Widyastutik, Ratna. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran TAI dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Dan Kemampuan Matematik. Jurnal Inkuiri 3 (11): 86-96.