BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI IDIOM DALAM BAHASA BATAK TOBA

Main Article Content

Immanuel Silaban Mulyadi .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis, makna, dan fungsi idiom yang terkandung dalam bahasa Batak Toba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dan bentuk penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah cerita percakapan yang mengandung idiom dalam bahasa Batak Toba. Sumber data penelitian ini adalah percakapan yang diucapkan oleh pembicara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik percakapan,wawancara, dan teknik rekaman. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditemukan bentuk idiom bahasa Batak Toba yang berasal dari percakapan dalam bentuk gabungan kata. Jenis idiom dibagi menjadi dua, yaitu idiom penuh, dan idiom parsial. Arti idiom adalah makna yang menyimpang dari unsur makna leksikal konstituen dalam konteks kalimat. Fungsi idiom terkait erat dengan penggunaan idiom yaitu untuk memberikan nasihat, sindiran, dan memberikan pengajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Silaban and M. ., “BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI IDIOM DALAM BAHASA BATAK TOBA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 352, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Abdul Khak, Muh. 2011. “Idiom dalam Bahasa Indonesia: Struktur dan Makna”. Dalam Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan Widyaparwa. Volume 39, Nomor 2, Desember 2011. Halaman 14-154.
Aminuddin. 2008. Semantik Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Chaer, Abdul 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2009. Semantik 1Makna Leksikal dan Gramatikal. Bandung: Arifika Aditama.
Keraf,Goris.2008. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kristina, Novi. 2006. “Idiom Berunsur Nama Binatang dalam Bahasa Indonesia”. Skripsi Program Studi Sastra Indonesia, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Kurniawati, Tesi. 2005. “Kata Majemuk Idiomatis dalam Tabloid Fantasi Tahun 2003”. Skripsi Program Studi Sastra Indonesia, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Nunberg, G., I.A. Sag, dan T. Wasow. 1994. “Idioms”. Dalam Language. Vol. 70.3, 491—538.
Pateda, Mansoer. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.
Sitaresmi,Nunung dan Mahmud Fasya. 2011. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
Sudaryat, Yayat. 2011. Makna dalam Wacana Prisip-prinsip Semantik dan Pragmatik. Bandung: Yrama
Makkai, A. 1972.Idiom Structure in English.The Hague: Mouton.
Wood, M. McGee. 1986. “A Definition of Idiom”. Tesis Universitas Birmingham. Reproduksi oleh Indiana University Linguistics Club.