KONTRIBUSI KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS)

Main Article Content

Erlina Sari Harahap

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kontribusi kompetensiprofesional terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS). Hasil penelitian membuktikan bahwa ada kontribusi dan hubungan yang signifikan yang diberikan oleh variabel kompetensi professional terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pada Program Pendidikan Ekonomi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) Tahun Akademik 2017/2018.  Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh yaitu t hitungsebesar 5.662dengan Sig. Observasi sebesar 0,000. Apabila nilai koefisien Sig. Observasi dibandingkan dengan taraf alpha = 0.05 tampak bahwa Sig. Observasi 0.000< 0.05 hal ini bermakna bahwa secara parsial ada kontribusi secara signifikan yang diberikan oleh variabel bebas kompetensi profesionalterhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pada Program Pendidikan Ekonomi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) Tahun Akademik 2017/2018. Artinya jika jika seorang dosen memiliki dan mampu melaksanakan kompetensi-kompetensi yang ada terutama kompetensi professional maka secara otomatis indeks prestasi kumulatif mahasiswa akan meningkat.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Harahap, “KONTRIBUSI KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 389, Sep. 2019.
Section
Artikel

References

Akdon, 2010.Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi Pendidikan. Bandung: Dewa Ruci
Chourmain, M.A.S Imam (2002), Hand Out Kuliah, Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Online
Day, Christopher and Sach, Judith. 2008. “Professionalism, Performativity and Empowerrment : Discourses in the Politics, Policies, and Purposes of Continuing Professional Development”, dalamChristopher Day (ed.). International Hanbook on the Continuing Professional Development of Teachers, England : Open University Press.
Indra Djati Sidi. 2001, Menuju masyarakat Belajar ;Mengangas Paradigma Baru Pendidikan, Paramadina, Jakarta.
Kholik, Abdul. 2016. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Kepuasan Kerja Dosen Terhadap Kinerja Dosen di Universitas Djuanda Bogor.Intitut Agama Islam Negeri Surakarta Tahun. Tesis online
Mulyasa, E. 2009.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.: Cetakan Pertama, Remaja Rosdakarya. Bandung
Oemar Hamalik, Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi Pendekatan System Kredit Semester (SKS), Bandung: Sinar Baru Bandung,
Peraturan Pemerintah No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Citra Umbara. Bandung
Riduwan, Engkos Achmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur.Alfabeta. Bandung
Salam, Burhanuddin. 2012. Cara Belajar Yang Sukses di perguruan Tinggi. Bandung:Alfabeta
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia,.2007. Kamus BesarBahasa Indonesia.Jakarta; Balai Pustaka
Undang – Undang Republik Indonesia No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Citra Umbara. Bandung