KONTRIBUSI KINERJA DOSEN TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS)

Main Article Content

Erlina Sari Harahap

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kontribusi kinerja dosen terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS). Hasil penelitian membuktikan bahwa ada kontribusi dan hubungan yang signifikan yang diberikan oleh variabel kinerja dosen terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pada Program Pendidikan Ekonomi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS). Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh yaitu t hitungsebesar 3.016 dengan Sig. Observasi sebesar 0,004. Apabila nilai koefisien Sig. Observasi dibandingkan dengan taraf alpha = 0.05 tampak bahwa Sig. Observasi 0.004< 0.05 hal ini bermakna bahwa secara parsial ada kontribusi secara signifikan yang diberikan oleh variabel bebas kinerja dosen terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pada Program Pendidikan Ekonomi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jika dosen berhasil dalam melaksanakan  tugas  sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya, melaksanakan tri dharma perguruan tinggi serta  untuk  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan maka secara otomatis indeks prestasi kumulatif mahasiswa akan meningkat.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Harahap, “KONTRIBUSI KINERJA DOSEN TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 475, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Akdon, 2010.Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi Pendidikan. Bandung: Dewa Ruci
Chourmain, M.A.S Imam. 2002.Hand Out Kuliah, Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Online
Day, Christopher and Sach, Judith. 2008. “Professionalism, Performativity and Empowerrment : Discourses in the Politics, Policies, and Purposes of Continuing Professional Development”, dalamChristopher Day (ed.). International Hanbook on the Continuing Professional Development of Teachers, England : Open University Press.
Hendikawati, Putriaji. 2006. Analisis Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa.Jurusan Matematika Fakultas MIPA Unnes Kampus Unnes Sekaran Gunungpati Semarang. Skripsi Online
Indra Djati Sidi. 2001, Menuju masyarakat Belajar ;Mengangas Paradigma Baru Pendidikan, Paramadina, Jakarta.
Iskandar.2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial.Jakarta : Gaung Persada Press
Mangkunegara, A.P. 2014. Perilaku dan Budaya Organisasi, Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2009.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.: Cetakan Pertama, Remaja Rosdakarya. Bandung
Oemar Hamalik, Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi Pendekatan System Kredit Semester (SKS), Bandung: Sinar Baru Bandung,
Peraturan Pemerintah No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Citra Umbara. Bandung
Riduwan, Engkos Achmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur.Alfabeta. Bandung
Salam, Burhanuddin. 2012. Cara Belajar Yang Sukses di perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia,.2007. Kamus BesarBahasa Indonesia.Jakarta; Balai Pustaka
Undang – Undang Republik Indonesia No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Citra Umbara. Bandung
Wuviani, V. 2005.Faktor- factor yang mempengaruhi Kinerja Guru (Studi tentang Pengaruh Kualifikasi, Motivasi Kerja, dan kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMAN di Kota Bandung).Tesis. Program Pasca Sarjana. UPI. Online