DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5

Main Article Content

Ermawita . Ahmad Zainy

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat pada saat ini membawa perubahan yang sangat besar terhadap berbagai bidang kehidupan termasuk juga dalam bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan, komputer dapat digunakan oleh guru untuk menghasilkan atau membuat suatu aplikasi berupa media pembelajaran dalam menyampaikan materi kepada siswa. Pembuatan media pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai macam hal salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi komputer dengan menggunakan software Adobe Flash CS5. Dengan software Adobe Flash CS5 ini dapat dibuat sebuah media pembelajaran yang kreatif, menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar serta kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan menyenangkan. Berdasarkan latar belakang masalah yang penulis temui di lapangan maka penulis tertarik untuk mengangkat sebuah penelitian dengan judul Desain Media Pembelajaran Materi Perangkat Keras Menggunakan Adobe Flash CS5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) versi ADDIE yaitu Analysis, Design, Develop, Inplement dan Evaluate. Model pengembangan multimedia yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo yang terdiri dari enam tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan dsitribition. Pada penelitian ini penulis menggunakan tahapan penelitian yang mengkombinasikan antara ADDIE dan model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis flash yang nantinya dapat digunakan oleh guru dan siswa pada mata pelajaran Komputer. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash CS5 dapat digunakan sebagai media pembelajaran Komputer.


 

Article Details

How to Cite
[1]
E. . and A. Zainy, “DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 302, Apr. 2019.
Section
Artikel

References

Admin, Model Pengembangan ADDIE (http://blog.tp.ac.id/model-pengembangan-addie)/ Diakses 02 April 2013
Arsyad, Azhar , Media Pembelajaran, Jakarta: PT Gravindo Persada, 2010
Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
Binanto, Iwan, Multimedia Digital, Dasar Teori + Pengembangannya, Yogyakarta: Andi Offset, 2010
Dasar-Dasar Pendidikan.blogspot.com, Diakses 17 Oktober 2013, Blackbox Testing dan Contoh Pengujian Blackbox, http://dasar-pendidikan.blogspot.com/2013/06/black-box-testing-dan-contoh-pengujian.html /
Dedechineko, Metode Dalam teknik Pengujian Perangkat Lunak , http://dedechineko9banjarmacin.wordpress.com/2012/01/10/metode-dalam-teknik-pengujian-perangkat-lunak-1black-box /Diakses 17 Oktober 2013
Hadi Sutopo, Ariesto, Analisis dan Desain Berorientasi Objek, Yogyakarta: J&J Learning, 2002
Hayati, Riza sativani, Metode Penelitian Research and Development, (http://oryzatil35rsh.blogspot.com/2011/01/metode-penelitian-research-and.html)/Diakses 14 Mei 2013
Kata, Bejana , Pengertian Desain, http://sarapanmatahari.wordpress.com/2010/06/07/pengertian-desain/ Diakses 15 April 2013
KKPI SMK, Tujuan Pembelajaran KKPI di SMK, (http://kkpiesmk.blogspot.com/2012/11/tujuan-pembelajaran-kkpi-di-smk.html)
Madcoms, Adobe Flash CS3 untuk Pemula, Yogyakarta: Andi Offset, 2009
Pawirosumarto, Suharno, Aplikasi Komputer, Jakarta:Mitra Wacana Media, 2009


Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III, Jakarta: Balai Pustaka, 2002
Sadiman, A.S, dkk, Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada, 2006
Soeherman, Bonnie dan Cipta Halim, Membuat Sendiri Klip Animasi Multimedia, Jakarta:PT Elex Media Komputindo, 2008
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Sutanta, Edhy, Pengantar Teknologi Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005
Suyanto, Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing ,Yogyakarta : Andi Offset, 2005.
Wahana Komputer,Panduan Aplikatifdan Solusi(PAS)Adobe Flash CS5 untuk Animasi Kartun, Semarang: Penerbit Andi,2010