PENGARUH E-SERVICE QUALITYDAN PRODUCT DIFFERENTIATIONTERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA SEPATU COMPASS

Main Article Content

Dharma Shubita Devi Harahap Tri Indra Wijaksana

Abstract

Perkembangan fashion Indonesia di beberapa tahun belakangan ini telahmengalami perberkembanganyang pesat, para pelaku bisnis pun mulai memanfaatkan media sosial sebagai platform penjualannya dan juga sebagai media promosinya. Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya, suatu bisnis online harus mempuanyai kualitas pelayanan elektronik dan juga memiliki strategi diferensiasi produk yang baik untuk meningkatkan minat pembelian ulang pada konsumen. Penelitianbertujuan untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh yang terjadi antara variabelE-Service Quality dan Product Differentiation terhadap Repurchase Intention pada Sepatu Compass. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan penerapan metode analisis deskriptif. Teknik analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 100 orang dengan populasi seluruh individu yang pernah melakkan pembelian pada Sepatu Compass baik melalui instagram, tokopedia maupun website. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat ditariktentang tanggapan responden terhadap variabel E-Service Quality memiliki persentase sebesar 69,4% dengan kategori baik, variabel Product Differentiation memiliki persentase sebesar 82,5% dengan kategori baik dan variabel Repurchase Intention memiliki persentase sebesar 79,6% termasuk dalam kategori baik Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah E-Service Quality dan Product Differentiationmempunyai pengaruh terhadap Repurchase Intention pada Sepatu Compass dengan jumlah persentase yaitu sebesar 84,5% dan sisanya adalah 15,5% yang dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diterapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian, yaitu jika E-Service Quality dan Product Differentiation yang diterapkan oleh Sepatu Compass semakin baik, maka hal tersebut akan mempengaruhiRepurchase Intention konsumen pada Sepatu Compass.

Article Details

How to Cite
[1]
D. S. Harahap and T. Wijaksana, “PENGARUH E-SERVICE QUALITYDAN PRODUCT DIFFERENTIATIONTERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA SEPATU COMPASS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 399, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Kotler, P. a. (2016).Marketing Management. Global Edition Pearson Prentice Hall.
Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Reseacrh and Development. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. d. (2016). Service, Quality dan Satidfaction. Yogyakarta: Andi.