PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SMA NEGERI 1 LAHEWA

Main Article Content

Rama’eli Lase

Abstract

Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreatifitas,Karen (Suryosubroto, 2009:201). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran creative problem solving. Lokasi pelaksanaan penelitian adalah SMA Negeri 1 Lahewadengan subjek kelas X MIA-1 semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dan disesuaikan dengan jadwal di sekolah.Hasil penelitian adalah: 1) perolehan rata-rata hitung hasil belajar pada siklus 1 (pertama) sebesar 60,88 dan termasuk kategori cukup, dengan persentase ketuntasan 52,5% dan ketidaktuntasan 47,5%. Pada siklus 2 (dua) pelaksanaan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hitung sebesar 88,33 dan termasuk pada kategori baik sekali, dengan persentase ketuntasan 100% dan ketidaktuntasan 0%, sehingga ketuntasan belajar melewati target yang telah ditentukan yaitu 75%, 2) Hasil pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan statistik parametris diperoleh thitung = 14,697 dengan ttabel = 2,045 untuk n = 30 sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penerapan model pembelajaran creative problem solving dalam Pembelajaran matematika pada SMA Negeri 1 Lahewa meningkat dan dapat diterima, 3) Hasil pengujian hipotesis terhadap kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan statistik parametris diperoleh zhitung = 1,684 dengan ztabel = 1,64 untuk n = 30 sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penerapan model pembelajaran creative problem solving dalam pembelajaran matematika pada SMA Negeri 1 Lahewa dapat diterima pada taraf signifikan 5%”.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Lase, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SMA NEGERI 1 LAHEWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 403, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto Suharsimi, 2002, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Mulyasa, 2005, Implementasi Kurikulum 2004, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pribadi, Benny A., 2009, Model Desain Sistem Pembelajaran, Dian Rakyat, Jakarta.
Pepkin, 2009, Pengertian Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Pembelajaran, (online), (http://kangaldo.blogspot.com) diakses pada tanggal 5 Maret 2012.
Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sagala, Syaiful, 2009, Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.
Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempegaruhinya, PT.Rineka Cipta, Jakarta.
Sudjana, Nana, 2002, Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
Sudjana, Nana, 2006, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Suryosubroto, 2009, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta.
Suprijono, Agus, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Syah, Muhibin, 2004, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Syah, Muhibin, 2010, Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Trianto, 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Prenada Media Group, Jakarta
Tim Dosen, 2009, Strategi Belajar Mengajar, Unimed Medan