PENGARUH PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED VALUE, DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA KONSUMEN GRABCAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabelperceived quality, perceived value, dan customer satisfaction terhadap customer loyalty pada konsumen GrabCar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan skala likert sebagai pengukuran. Populasi di dalam penelitian ini adalah pengguna GrabCar dan 150 responden sebagai sample penelitian yang berdomisili di Bandung. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 22 For Windows sebagai alat pengolah data. Berdasarkan uji hipotesis yang telah di olah dengan menggunakan SPSS 22 For Windows maka hasilnya adalah sebagai berikut : perceived quality memperoleh nilai: 3,096 (to) >1.65536 (tα), adanya pengaruh positif serta signifikansi terhadap customer loyalty. Untuk perceived value memperoleh nilai : 2,963 (to) >1.65536 (tα), adanya pengaruh positif serta signifikansi terhadap customer loyalty. Untuk customer satisfaction memperoleh nilai : 9,354 (to) >1.65536 (tα), adanya pengaruh positif serta signifikansi terhadap customer loyalty.Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel perceived quality, perceived value, dan customer satisfaction terhadap variabel customer loyalty.
Article Details
References
Amini, Falk, & Schmitt. (2016). Statistical Analysis of Consumer Perceived Value Deviation. Internation Conference on Ramp-up Management , 1-6.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardito, L., & Martini, E. (2019). Jurnal Manajemen Bisnis. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Loyalty Mobile Apps Layanan Penyedia Informasi Zomato , 3.
Indrawan, R., & Yaniawati, R. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Tekonlogi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Indrawati. (2017). Perilaku Konsumen Individu : dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management 15th Edition. Inc.: Pearson.
Su, & Chang. (2018). Internation Journal of Retail & Distribution Management . Factors Affecting College Students Brand Loyalty Toward Fast Fashion : A Consumer - Based Brand Equity Approach , 90 - 107.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.