RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED
Main Article Content
Abstract
Respon siswa dalam pembelajaran merupakan hal yang penting menjadi perhatian dalam memperbaiki kualitas pembelajaran. Tanpa respon siswa yang baik sulit mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu alternatif dalam menciptakan respon siswa yang baik/ positif terhadap pembelajaran adalah memilih pendekatan yang sesuai terhadap pembelajaran. Suatu pendekatan yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengekspolorasi permasalahan dengan berbagai cara sehingga dapat menghasilkan suatu pemecahan baru adalah pendekatan open-ended. Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran dapat merangsang peningkatan respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sebanyak 9 rombongan belajar. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-5 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Instrumen penelitian adalah angket respon siswa. Penelitian yang dilaksanakan memberikan hasil bahwa respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended adalah efektif.
Article Details
References
Ahmad, M., Siregar, Y. P., & Siregar, N. A. (2018). The Effectiveness of Realistic Mathematics Learning Model Based on Mandailing Culture in Teaching of Students’ Mathematical Problem Solving Ability
Ahmad, M., Siregar, Y. P., Siregar, N. A., & Effendi, H. (2018). Realistic Math-Based Learning Model Based on Mandailing Culture. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 39(1), 67–78. https://doi.org/10.17605/osf.io/4cp5y
Andriani, Y. N., & Madio, S. S. (2013). Perbandingan Kemampuan Berpikir Reflektif antara Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Open Ended dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 135-144.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekowati, E. & Guntoro, K. (2008). Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal open-ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Pythagoras. 4(2), 1-13.
Fitriani, U., Rohman, A. A., & Cahyono, B. (2018). Pengaruh Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi Trigonometri. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 101-113.
Gredler, M.E. (2011). Learning and Instruction Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Kusuma, A. M., & Candramila, W. (2017). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(10).
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nasution, D.P. & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(3), 389-400.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239-246.
Simanjuntak, S.D. & Imelda. (2018). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Budaya Batak Toba. MES (Journal of Mathematics Education and Science) 4(1), 81-88.
Siregar, E. Y., & Ahmad, M. (2018). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Realistik dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya Universitas Negeri Medan.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Vol. 1. Hal. 3-12 Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.
Usman. (2014). Aktivitas metakognisi mahasiswa calon guru matematika dalam pemecahan masalah terbuka. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 21-29.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.