ANALISIS SOAL UN BIOLOGI SMA/MA BERDASAR DIMENSI PROSES KOGNITIF, KARAKTERISTIK HOTS, DAN BENTUK STIMULUS

Main Article Content

Mula Haryati

Abstract

Penelitian yang komprehensif terkait dimensi proses kognitif, karakteristik HOTS, dan bentuk stimulus yang digunakan dalam soal UN belum pernah dilakukan.  Faktor lain adalah sebagian besar UN dilaksanakan dalam bentuk UNBK.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran dimensi proses kognitif, karakteristik soal HOTS, dan bentuk stimulus yang terdapat dalam soal Ujian Nasional Biologi 2018/2019. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan selanjutnya dideskripsikan.  Lembar identifikasi dimensi proses kognitif dikembangkan berdasar taksonomi Bloom yang direvisi. Lembar identifikasi karakteristik HOTS digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah soal HOTS. Uji kualitatif terhadap isi stimulus digunakan untuk mengelompokkannya ke dalam bentuk stimulus tertentu.  Hasil penelitian menunjukkan sebaran dimensi proses kognitif soal UN Biologi 2018/2019 sudah merata meskipun dengan persentase yang berbeda. Persentase soal kategori HOTS termasuk cukup banyak.  Mayoritas soal menggunakan stimulus tunggal dalam bentuk gambar.  Terdapat beberapa soal yang menggunakan bentuk kombinasi stimulus.               

Article Details

How to Cite
[1]
M. Haryati, “ANALISIS SOAL UN BIOLOGI SMA/MA BERDASAR DIMENSI PROSES KOGNITIF, KARAKTERISTIK HOTS, DAN BENTUK STIMULUS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 91, May 2020.
Section
Artikel

References

Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: a revision of Bloom’s taxonomy educational objectives. New York: Longman.
Ansori, Z.A. (2019). Pemahaman Guru Biologi Madrasah Aliyah terhadap Soal Higher Order Thinking Skill. Jurnal Kewidyaiswaraan Lembaga Administrasi Negara, 4(1), 63-70.
Bagarukayo, E. (2012). The impact of learning driven constructs on the perceived higher ordercognitive skills improvement: Multimedia vs. text. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, (8), 120-130.
Brookhart, S.M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria, Virginia: ASCD.
BSNP. (2018). Penerapan Soal Model HOTS dalam Ujian Nasional Perlu Diimbangi dengan Peningkatan Kemampuan Guru dan Siswa, diakses dari http://bsnp-indonesia.org/2018/04/21/penerapan-soal-model-hots-dalam-ujian-nasional-perlu-diimbangi-dengan-peningkatan-kemampuan-guru-dan-siswa/. diakses tanggal 8 September 2018.
Ditbin SMA. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Guchi, P.I. (2017). Analisis Butir Soal Ujian Nasional (UN) Biologi SMA Tahun Pembelajaran 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. diakses dari di: http://digilib.unimed.ac.id/27710/. tanggal 8 September 2018.
Isbandiyah, S., dan Sanusi, A. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Biologi. Jakarta: Ditbin SMA.
Kemdiknas. (2007). Permendiknas No 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi.
Kemdikbud. (2014). Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA: Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. (2016). Panduan Penulisan Soal. Jakarta: Puspendik Balitbang Kemdikbud.
King, F.J. Goodson, L. dan Rohani, F. (2017). Higher order thinking skills: Definition, Teaching Strategies and Assessment. Center for Advancement of Learning and Assessment. diakses dari http://www.cala .fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf. tanggal 2 Oktober 2017.
Ningsih, D.L., Marpaung, RRT, & Yolida, B. (2018). Analisis Soal Tipe Higher Order Thingking Skill (Hots) dalam Soal Ujian Nasional (Un) Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Bioterdidik. 6(6) . (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, Paris: PISA, OECD Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Putra, H.K. (2017). Profil Soal Ujian Nasional Biologi Tingkat SMA TahunAjaran 2014–2016 Berdasarkan Perspektif Higher Order Thingking Skill (HOTS) (Skripsi). Surakarta: Prodi Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta diakses tanggal 7 Pebruari 2018 dari http://eprints.ums.ac.id/57001/15/NASKAH%20 PUBLIKASI-143.pdf
Redecker, C., et al. (2011). The Future of Learning: Preparing for Change. Luxembourg: Publications Office of the European Union.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widana, W.I. (2017). Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Ditbin SMA.