PENYULUHAN TENTANG PEMANFAATAN TANAMAN OBAT HERBAL UNTUK PENYAKIT ASAM URAT DI DESA LABUHAN LABO

Main Article Content

Anwar syahadat Yulia Vera

Abstract

Tumbuhan obat merupakan tumbuhan yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya yaitu asam urat. Dalam penyululuhan ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan yang dapat digunakan masyarakat sebagai obat penyakit asam urat di Desa Labuhan Labo. Asam urat merupakan penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Pengetahuan yang harus dimiliki oleh pasien asam urat meliputi arti asam urat, penyebab asam urat, gejala, pengobatan dan pencegahan penyakit asam urat. Asam urat dapat diobati dengan pengobatan dan gaya hidup farmakologis perbaikan dengan berbasis pengetahuan yang benar. Asam urat akan menjadi masalah jika orang tua tidak dibimbing dan dilengkapi dengan pengetahuan yang tepat tentang kesehatan asam urat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang asam urat di Desa Labuhan Labo. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang asam urat dan juga tentang pengobatannya  secara benar kepada masyarakat. Penjelasan kesehatan tentang asam urat pada lansia dibuat dengan metode ceramah dan diskusi. Dari penyuluhan yang di lakukan di Desa Labuhan Labo masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup besar tentang asam urat.

Article Details

How to Cite
[1]
A. syahadat and Y. Vera, “PENYULUHAN TENTANG PEMANFAATAN TANAMAN OBAT HERBAL UNTUK PENYAKIT ASAM URAT DI DESA LABUHAN LABO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 424, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto, 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto,2013.Prosedur penelitian.Jakarta : Rineka Cipta.
Azizah, L.M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Laksmitawati, D, R & Anita, R. 2006. Pengaruh pemberian ekstrak buah mahkota dewa terhadap penurunan kadar asam urat tikus yang diinduksi dengan sari pati ayam.
Ngestiningsih, D & Suyanto, H. 2011. Ekstrak herbal (daun salam, juntan hitam, daun seledri) dan kadar IL-6 plasma penderita hiperurisemia. M. Med Indones. Vol. 45, No 2.
Paulus, H. 2012. Herbal Indonesia Berkhasiat. Vol 10. Depok. Trubus Swadaya
Putra, R.W. (2012). Uji efek fraksi ekstrak Sidaguri terhadap kadar asam urat pada mencit putih jantan yang diberi makanan diet purin tinggi. (Skripsi). Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFARM). Padang.
Soeroso, 2011. Asam Urat.Depok : Penebar Plus.
Susanto, A. (2017). Komunikasi Dalam Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kecamatan Margadana. Jurnal Para Pemikir,
Wijayakusuma, H. M. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Sembuhkan Penyakit. Pustaka Bunda. Jakarta.