PENYULUHAN PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA DI DESA LABUHAN LABO

Main Article Content

Anwar syahadat Susi Yanti

Abstract

Desa Muara Upu adalah salah satu Desa yang terdapat di Desa Labuhan LAbo. Sebagian besar masyarakat Desa Labuhan Labo Selatan berprofesi sebagai petani. Walaupun mayoritas penduduk Desa Labuhan Labo berprofesi sebagai petani, namun banyak masyarakat yang belum mengenal tanaman obat keluarga atau disebut apotek hidup. Apotek hidup perlu dikembangkan karena tidak hanya bermanfaat sebagai bahan rempah atau masakan tetapi tanaman obat keluarga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menjaga dan merawat kesehatan secara alami tanpa adanya efek samping seperti tanaman jahe, kunyit, kencur, sirih, brotowali, dan lain-lain. Oleh karena itu, mengadakan pelatihan penanamanf tanaman obat keluarga adalah salah satu cara untuk melestarikan kearifan budaya tanaman obat keluarga di Indonesia khususnya di Desa Labuhan Labo ini. Dengan adanya pelatihan ini, akan dijelaskan manfaat atau khasiat dari beberapa tanaman obat keluarga serta akan diajarkan cara menanam maupun menggunakannya tanaman obat tersebut. Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat Desa Labuhan Labo mampu mengenal dan mengetahui manfaat tanaman obat tradisional untuk menjaga dan merawat kesehatan secara alami dengan tanpa adanya efek samping, mengurangi pengeluaran atau perekonomian keluarga dengan tidak menggunakan obat-obatan kimia. Hasil nyata yang didapatkan dari program pelatihan penanaman obat keluarga ini adalah masyarakat Desa Labuhan Labo mengetahui manfaat penggunaan tanaman obat keluarga. Selain itu, masyarakat Desa Labuhan Labo.

Article Details

How to Cite
[1]
A. syahadat and S. Yanti, “PENYULUHAN PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA DI DESA LABUHAN LABO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 428, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Anonim. Sembilan Tanaman Obat Alam Indonesia yang Telah Uji Klinis. Jakarta: Herbatek; 2011.
Anonim. Mereka Semua Terabaikan, dalam 100 Plus Herbal Indonesia. Bukti Ilmiah dan Racikan. Trubus Info Kit. PT Trubus Swadaya. 2014
Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia. Pedoman Uji Klinik Obat Herbal. Jakarta: BPOM; 2014.
Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia. Obat Bahan Alam Indonesia. Program dan Kegiatan Penelitian Tanaman Obat Indonesia. Jakarta:BP POM; 2017.
Badan Pengawas Obat dan Makanan. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Obat Bahan Alam. Jakarta: InfoPOM; 2005.
Dwi Sari Astuti. Tanaman Obat Keluarga Untuk Masyarakat Kelurahan Pesurungan Kidul Kota Tegal. Ejournal poltektegal. 2015
Dalimartha, S. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 2. Jakarta: Penerbit Trubus Agriwidya; 2000.
Hastuti, Sriadi Setyawati, dan Nurul Khotimah. Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Desa Purwobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) [Laporan pengabdian Masyarakat]. Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.
Kementerian Kesehatan RI. 100 Top Tanaman Obat Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional; 2011.
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Penilaian Pengelolaan dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jakarta: Kemenkes RI; 2012.
Mahendra, B. Panduan Meracik Herbal. Jakarta: Penerbit Penebar Swadaya; 2005.