PENYULUHAN PENGGUNAAN KOSMETIK YANG AMAN BAGI REMAJA DI DESA LABUHAN LABO

Main Article Content

Ayus Diningsih Yulia Vera

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan untuk menambah wawasan masyarakat khususnya remaja untuk waspada dan berhati-hati serta cermat memilih kosmetik yang mengandung bahan yang aman untuk di gunakan. Sasaran kegiatan penyuluhan masyarakat khususnya para remaja sampai orang tua di desa Labuhan Labo Kota Padangsidimpuan. Kosmetik pada saat ini merupakan salah satu kebutuhan skunder dalam kehidupan manusia, karena kosmetik sudah merupakan gaya hidup bagi wanita maupun pria, disegala usia. Banyaknya produk kosmetik yang beredar di pasaran dan ditawarkan di berbagai media, mengharuskan masyarakat berhati-hati dalam menentukan produk kosmetik yang akan digunakan. Usia remaja atau generasi milenial merupakan usia produktif banyak menggunakan kosmetika. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah penyuluhan dengan cara penyajian materi tentang pengertian kosmetika, bahan yang dilarang (BD) dalam kosmetik dan bahan berbahaya (BB) yang banyak ditemukan dalam kosmetika, serta peraturan BPOM  terkait bahan kosmetika dan langkah cerdas memilih kosmetika yang aman. Hasil yang di harapkan dari penyuluhan ini bertambahnya pengetahuan masyarakat khususnya remaja tentang produk kosmetika dan bagaimana cara memilih kosmetika yang aman serta masyarakat juga dapat mengenali kosmetika yang ilegal secara visual atau organoleptis

Article Details

How to Cite
[1]
A. Diningsih and Y. Vera, “PENYULUHAN PENGGUNAAN KOSMETIK YANG AMAN BAGI REMAJA DI DESA LABUHAN LABO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 431, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Badan Pengawas Obat dan Makanan, 2016. Frequently Asked Question, Iklan Kosmetika. Jakarta: BPOM.
Bpom-tarik-13-produk-kosmetik-dari-peredaran-ini-bahayanya-bagi-kesehatan-kulit. (http://bangka.tribunnews.com/2018)
Muliyawan, Dewi .,Suriana, Neti. 2013. A-Z Tentang Kosmetik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kosmetika Pabrik Kosmetik Ilegal Beromzet Rp 80 Juta Sehari Terungkap di Samarinda. (https://www.suara.com/news/2019.).
Supriningrum, Risa dan Siti Jubaidah. 2019. Penyuluhan Kosmetik Aman dan Identifikasi Merkuri dalam Kosmetik. Jurnal Mahakam Abdimas. Vol (3(2) : 136-141.
Tranggono, R.I.S. 1996. Kiat Apik Menjadi Sehat dan Cantik: Petunjuk Praktis Perawatan Kulit dan Penggunaan Kosmetik bagi Remaja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.