MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING

Main Article Content

Muhammad Iqbal Ripo Putra

Abstract

Bahan ajar yang inovatif diperlukan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media yang kreatif dapat menarik minat pembelajar dalam mengikuti pembelajaran. Dalam penelitian ini, terdapat dua produk yang dihasilkan, yaitu materi ajar dan media pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan materi ajar dan media pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Indonesia bagi pembelajar BIPA disalah satu Lembaga Pendidikan Bahasa. Pengembangan media pembelajaran diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Research dan Development/R&D yang merujuk pada teori Borg dan Gall. Langkah-langkah tersebut dikelompokkan menjadi tujuh langkah, yakni: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) validasi ahli, (4) revisi, (5) uji coba lapangan, (6) revisi, (7) produk akhir. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil validasi, ahli materi memberikan skor rata-rata sebesar 4,0 terhadap materi ajar untuk pembelajar BIPA. Selanjutnya, ahli media memberikan skor rata-rata sebesar 3,5. Media pembelajaran untuk pembelajar BIPA dikembangkan dengan kualitas yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
M. I. Putra, “MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 19, May 2020.
Section
Artikel

References

Adryansyah (2012). Profil Bipa Badan Pengembangan dan pembinaan bahasa. Kemendikbud. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Andriyanto, O. D. (2017). Directed Listening Activity: Pengenalan Kebudayaan Dalam Pengajaran Bipa. FKIP e-PROCEEDING, 117-124.
Aryawan, F. N., Pamungkas, A. H., & Sonhadji, A. (2017). mpacts of BIPA Teaching Policy on Capacity Building of Course and Training System. Journal of Nonformal Education, 3(2), 164–178.
Azizah, R. F., Hs, W., & Lestari, . (2013). Pembelajaran Bahasa ndonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang tahun 2012. Vokal, 1(1), 1–13.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: an ntroduction (8. utg.). Boston : Pearson.
Iskandarwassid. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kustandi, dkk. 2011. Media Pembelajaran; Manual Digital. Bogor: Ghalia.
Loren, F. T. A. (2017). The Use of Learning Media on Listening Skill n Teaching ndonesian oo Speakers of other Language (Tisol). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1-12.
Manurung, R. T., & Hum, M. (2017). BIPA Readiness n The Face of MEA. n PROCEEDING ABSTRACT (p. 79).
Nurgiyantoro, B. (2009). Pengembangan Model Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Cakrawala Pendidikan, (3).