UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM OPERASI PERKALIAN DENGAN METODE LATIS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Main Article Content

Rohpinus Sarumaha Tekiur Ge’e

Abstract

Salah satu operasi dalam bilangan yang harus dikuasai peserta didik adalah operasi perkalian bilangan. Operasi perkalian bilangan merupakan topik yang sulit dipahami sebagian peserta didik khususnya perkalian multidigit atau angka banyak. Untuk itu, perlu upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengatasi kesulitan siswa pada operasi perkalian dan Untuk mendeskripsikan penerapan metode latis pada materi bilangan. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VII dan objek dalam penelitian ini adalah kelas VII-D. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang di gunakan, (a) Lembar Observasi Guru dan Siswa, (b) Lembar Panduan Wawancara, (c) Dokumentasi, (d) Catatan Lapangan, (e) Hasil Belajar. Jumlah siswa sebanyak 30 orang, 14 siswa laki-laki, dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang mendapat nilai  adalah 86,67%, maka dapat disimpulkan bahwa  metode perkalian latis dapat mengatasi kesulitan siswa pada operasi perkalian. Melalui penelitian ini, hendaknya guru menggunakan metode perkalian latis dalam mempelajari operasi perkalian bilangan, senantiasa membimbing siswa sehingga bisa melakukan operasi perkalian bilangan dengan baik, serta siswa di harapkan untuk mempraktikkanya sampai menjadi mahir dan terampil dalam mengerjakan operasi perkalian bilangan khususnya perkalian angka banyak/multi digit.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Sarumaha and T. Ge’e, “UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM OPERASI PERKALIAN DENGAN METODE LATIS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 75, May 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Intan, Khumairoh. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Latis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Islam Hidayatullah Pada Materi Operasi perkalian Pecahan Desimal Mata Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Tidak diterbitkan. Semarang: UIN Walingoso (diakses 14 Maret 2019).
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sarumaha, R. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMAS Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Education and development, Vol.3 No.1, 68-72, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan (diakses 5 April 2019).
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan (diakses 5 April 2019).
Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2011. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Turmudi. 2009. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.
Yuliawati, Suprihatiningrum dan Agung, R. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pedagogia.