THE EFFECT OF PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL BASED MIND MAP TO THE STUDENT’S LEARNING OUTCOMES IN ELEVENTH GRADE OF CLASS IPS AT SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Main Article Content

Lisandy Eveline. I Rindawati . Muzayanah .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem solving berbasis mindmap terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dengan observasi, rubrik penilaian lembar kerja, pretest, dan postest. Analisa data mengunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran problem solving berbasis mindmap mempengaruhi hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji-t dengan nilai postest t hitung > t tabel atau 2,385 > 2,010, sehingga ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Model pembelajaran problem solving berbasis mindmap berpengaruh positif bagi nilai hasil belajar siswa, berdasarkan interval confidence menunjukkan nilai upper 5.416 > nilai lower 0,641, sehingga kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control.

Article Details

How to Cite
[1]
L. I, R. ., and M. ., “THE EFFECT OF PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL BASED MIND MAP TO THE STUDENT’S LEARNING OUTCOMES IN ELEVENTH GRADE OF CLASS IPS AT SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 112, May 2020.
Section
Artikel

References

Agustin, D., Syahbana, A., Paradesa, R. 2018. Pengaruh Metode Mind Map terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 04, No. 01.
Faturrahman, M. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fun, C.S., & Norhayati, M. 2010. Teacher-Centered Mind Mapping vs Student-Centered Mind Mapping in the Teaching of Accounting at Pre-U Level – An Action Research. Journal Elsevier Ltd., hal 240-246.
Haris, Iskandar. 2014. Pembelajaran Geografi Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Harwanti & Agus. 2019. Relationship of Self Concept, Problem Solving, and Self Adjustment in Youth. Journal International for Educational and Vocational Studies (IJEVS). Vol 01, NO 6., pp. 651-657.
Husna, Burais. F. 2018. Penggunaan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Peluang, Vol 06, No. 02.
Jonathan Sarwono. 2015. Rumus-Rumus Populer dalan SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.
McGuinness, C., & Bianchi, L. 2007. Thinking Skills and Personal Capabilities for Key Stages 1 & 2. United Kingdom: A PMB Publisher.
Nasriah, L. (2017). Problem Solving Methods to Improve Understanding Of Social Subject Matter for Students of VII of SMP Negeri 2 Tigaraksa, Indonesia. European Journal of Education Studies, p. 217.
Nasrullah, A., Marsigit, M. 2016. Ke Efektifan Problem Posing Dan Problem Solving Ditinjau dari Ketercapaian Kompetensi, Metode, Dan Sikap Metematis. Jurnal Phytagoras Pendidikan Matematika. Vol 11, No 2.
Simanjuntak, Mariati. P. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Video Terhadap Metakognisi Dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.3, No. 01.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, V., Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Syahrir, & Heliati. 2017. Analisis Mindmap Siswa Kelas VII C SMPN 6 Kupang. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol 03. No.1.
Widayanti, L., Widodo 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasl Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTSN Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia, Vol XVII, No 49.