THE FREEDOM OF LEARNING WITH ACCELERATED LEARNING THROUGH THE UTILIZATION OF SAVI-BASED STUDENT’S ACTIVITY SHEET (LKPD) (SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL AND INTELLECTUAL) IN MARITIME ECONOMIC MATERIAL

Main Article Content

Ninik Widarti Setyaningrum Titiek Winanti Nugroho Hari

Abstract

Kajian penelitian ini tentang pemanfaatan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis SAVI (Somatic, Auditorial,Visual dan Intelektual) menggunakan pembelajaran Accelerated Learning pada materi ekonomi kemaritiman. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan LKPD dengan memperhatikan kecerdasan gaya belajar akan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Data penelitian adalah LKPD yang disusun untuk mengetahui kecerdasan gaya belajar siswa dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditorial,Visual dan Intelektual (SAVI). Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi dan eksperimen semu (quasi-experimental non-equivalen design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan LKPD mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang dilihat dari pendekatan Somatic, Auditorial,Visual dan Intelektual (SAVI).

Article Details

How to Cite
[1]
N. Setyaningrum, T. Winanti, and N. Hari, “THE FREEDOM OF LEARNING WITH ACCELERATED LEARNING THROUGH THE UTILIZATION OF SAVI-BASED STUDENT’S ACTIVITY SHEET (LKPD) (SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL AND INTELLECTUAL) IN MARITIME ECONOMIC MATERIAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 116, May 2020.
Section
Artikel

References

Amri S.Pd., S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Arifin, M.Pd, Z. (2014). Penelitian Pendidikan ( Metode dan PAradigma Baru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Prees.
Atmaja, N. P. (2016). Evaluasi Belajar Mengajar. Yogjakarta: Diva Press.
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2008). Theoris of Learning (Teori Belajar) (Vol. Ketujuh). (B. R. Hergenhahn, M. H. Olson, Eds., & T. B.S, Trans.) Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kuswana, M.Pd, D. S. (2014). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook. (Hernowo, Ed., & R. Astuti, Trans.) bandung: Kaifa.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogjakarta: Diva press.
Prof. Dr. Hamzah, U. B., & Koni, M.Pd, D. (2013). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ratumanan,M.Pd, P. G., & Laurens,M.Pd, P. T. (2015). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogjakarta: Pensil komunika.
Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective (Vol. Keenam). (E. Setyowati, Ed., E. Hamdiah, & R. Fajar, Trans.) Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Setyosari, M.Ed, P. P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.