LEKSIKON FLORA PADA BOLANAFO BAGI GUYUB TUTUR NIAS KAJIAN EKOLINGUISTIK

Main Article Content

Mastawati Ndruru

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bolanafo  bagi guyub tutur Nias. Leksikon flora pada bolanafo bagi guyub tutur Nias ini menjadi tujuan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teori ekolinguistik digunakan sebagai landasan teori dalam menjawab rumusan  masalah dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada bolanafo dan wawancara kepada beberapa informan yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam menganalisis data adalah teknik rekam (video/foto). Dalam melakukan observasi, peneliti mengamati video/foto bolanafo.  Sedangkan dalam wawancara, peneliti mendengarkan rekaman dan  mengubah data dari tulis menjadi data tertulis yakni melalui transkrip data rekaman. Hasil dari analisis data ditemukan ada 5 (Lima) leksikon flora pada bolanafo yang terealisasi dalam masyarakat Nias. Adapun leksikon flora tersebut sebagai berikut: tawuo (daun sirih), gambe (daun gambir), fino (pinang), mbago (tembakau), betua (kapur sirih).

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ndruru, “LEKSIKON FLORA PADA BOLANAFO BAGI GUYUB TUTUR NIAS KAJIAN EKOLINGUISTIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 257, May 2020.
Section
Artikel

References

Desiani. 2016. Leksikon, Ungkapan Metaforis, dan Mitos Kebambuan Guyub Tutur Bahasa Bali Dalam Masyarakat Desa Penglipuran, Bangli, Bali: Kajian Ekolinguistik. Denpasar: Universitas Warmadewa
Haugen, Einar. 1972. The Ecology Of Language. Stanfor University Press.
http://www.kerajinan.id/531/tradisi-mengunyah-sirih-dengan-bolanafo-nias.html
http://niassatu.com/2014/10/20/omo-hada-dan-bola-nafo-ditetapkan-sebagai-warisan-tak-benda-indonesia/
http://niasislerun.blogspot.co.id/2010/12/bola-nafo-maha-karya-tradisi-vs.html
http://nias-craft.blogspot.co.id/2009/07/bolanafo.html
Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. 1991. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Mbete, Aron Meko. 2001. Ilmu Bahasa, Lingkungan Bahasa dan Bahasa Lingkungan: Bahan Matrikulasi Bagi Mahasiswa Program Magister Linguistik. Denpasar: Program Pascasarjana UNUD.
Mbete, Aron Meko. 2008. Ekolinguistik: Perspektif Kelinguistikan yang Prospektif. Bahan Kuliah Matrikulasi Program Magister Linguistik PPs Universitas Udayana. Denpasar.
Odum. Eugene P. 1996. Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Telaumbanua, Esther. 2010. Bolanafo dan Perempuan Nias. Jakarta
Wiradnyana, Ketut. 2010. Legitimasi kekuasaan pada Budaya Nias: Paduan Penelitian Arkeologi dan Antropologi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.