PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MELANJUTKAN KEPERGURUAN TINGGI SMK KABUPATEN NIAS

Main Article Content

Indah Permata Sari Lase

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendapatan orang tua, tingkat pendidikan orang tua, lingkungan teman sebaya dan efikasi diri baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan perguruan tinggi SMK Kabupaten Nias Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Kabupaten Nias yang berjumlah 296 siswa, dan sampel 129 siswa. Tingkat pendapatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi siswa kelas XII SMK Kabupaten Nias. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,281> ttabel sebesar 1,6571. Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi siswa kelas XII SMK Kabupaten Nias. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,680 > ttabel sebesar 1,6571. Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi siswa kelas XII SMK Kabupaten Nias. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,177 > ttabel sebesar 1,6571. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi siswa kelas XII SMK Kabupaten Nias. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 10,263 > ttabel sebesar 1,6571. ngkat pendapatan orang tua, tingkat pendidikan orang tua, lingkungan teman sebaya dan efikasi diri berpengaruh secara bersama-sama positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi siswa kelas XII Kabupaten Nias. Dimana diperoleh nilai Fhitung 57,192 > Ftabel 2,44 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 <  = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Article Details

How to Cite
[1]
I. P. Lase, “PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MELANJUTKAN KEPERGURUAN TINGGI SMK KABUPATEN NIAS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 261, May 2020.
Section
Artikel

References

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ihsan. (2003). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. (2009). Metodelogi Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Jakarja: Gaung Persada Press.
Munandar. (2006). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Belar Kbk Bandung. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Salatiga: Rineka Cipta
Sudremi Yuliana. (2007). Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarja: PT. Rajagrafindo Persada.
Suyanto. (2000). Refleksi Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita.
Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tirtaraharja, U. D. L. S. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.