PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIDUA’όRI

Main Article Content

Fatolosa Hulu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Circuit Learning di kelas X SMA Negeri 2 Sidua’όri. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sidua’ori sebanyak 18 (delapan belas) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat, dapat memaksimalkan kemampuan dengan pola bertambah dan mengulang, mencegah rasa takut, jenuh, pikiran negatif, bosan dan tidak percaya diri dalam belajar selama kegiatan tanya jawab, diskusi kelompok dan presentasi kelas, menuntut siswa untuk berpikir dan menyelesaikan masalah, siswa mampu menyajikan peta konsep, menjelaskan mengenai peta konsep, dan mampu mengisi lembar kerja siswa disertai dengan peta konsep. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Saran yang diajukan peneliti adalah 1) hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Circuit Learning karena mampu memaksimalkan pemberdayaan pemikiran dan perasaan siswa selama pembelajaran sehingga mampu menyelesaikan masalah yang dibahas dan 2) hendaknya siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran Circuit Learning.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Hulu, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIDUA’όRI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 265, May 2020.
Section
Artikel

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi Suharjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, Igbal. 2008. Pokok-Pokok Materi Statistika I: Statistik Deskripstif. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani dan Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2006. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.