THE EFFECTIVENESS OF LEARNING DEVICES THROUGH THE STEM APPROACHES TO TRAIN STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis dan respons peserta didik terhadap pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode angket. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketercapaian keterampilan berpikir kritis peserta didik, sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Uji coba terhadap perangkat pembelajaran dilakukan pada 75 peserta didik kelas XI SMAN 3 Sidoarjo menggunakan metode one grup pre-test post-test design experimental. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran STEM dengan kategori tinggi. Selain itu, sebagian besar peserta didik memberikan respons positif terhadap komponen pembelajaran dan menunjukkan minat yang baik untuk mengulangi pembelajaran dengan pendekatan STEM. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM efektif digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
Article Details
References
Bialik, M., & Fadel, C. (2015). Skills for the 21st Century: What Should Student Learn. Boston: Center for Curriculum Redesign.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It counts.
Firman, H. (2015). Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, dan Peranan Riset Pascasarjana. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH. Bogor.
Jindanurak, T. (2016). Professional Science Teachers.
Kemendikbud. (2016). Lampiran 8 Permendikbud no 24 tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud R1.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. 5.
Moreno, R. (2010). Education Psychology. Mexico: University of New Mexico.
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-Content Package by Using ADDIE Model. 1(3) .
Musfiroh, T. (2014). pPengembangan kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment. Paris: OECD.
Oonsim, W., & Chanprasert, K. (2017). Developing Critical Thinking Skills of Grade 11 Students by STEM Education: A Focus on Electrostatic in Physics. Vol.4, No.1, pp. 54-59 (ISSN 2408-1809).
Painprasert, N., & Jeerungsuwan, N. (2015). Factors Supporting the STEM education Learning Management of Leader Teachers in the STEM Education Network of Thailand. International Conference on elearning for Knowledge Based Society. Bangkok.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Kimia. Vol 13, No 1.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Thomson, S., Bortoli, L. D., & Sarah, B. (2013). PISA in Brief: Highlights from the full Australian report. Australia: Australia Council for Education Research.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Tungsombatsanti, A., Ponkham, K., & Somtoa, T. (2018). The Results of STEM Education Methods in Physics at the 11th Grade Level: Light and Visual Equipment Lesson. AIP conference proceedings. 978-0-7354-1615-4. American Institute of Physics.
University, T. O. (2018). Thingking Critically. Milton Keynes: Thanet Press