KAJIAN MINAT SISWA SMK NEGERI 1 SIPIROK KABUPATEN TAPANULI SELATAN UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN TINGGI

Main Article Content

Rabiyatul Adawiyah Siregar Abdul Sattar Ali Akbar Siregar Armansyah Lubis

Abstract

Hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran minat siswa SMK Negeri 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Adapun jenis riset yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Sipirok Kelas XII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan random sampling dengan menggunakan tabel Krijie diperoleh sampel sebanyak 86 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan angket tertutup kepada responden. Hasil analisis data secara deskriptif diperoleh minat siswa SMK Negeri 1 Sipirok untuk melanjutkan pendidikan tinggi yang berasal dari dalam diri siswa diperoleh 63% kategori cukup, lingkungan keluarga 62% kategori cukup dan lingkungan sekolah 60% kategori cukup. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa minat siswa SMK Negeri 1 Sipirok untuk melanjutkan pendidikan tinggi terdiri dari beberapa faktor yaitu: 1) dari dalam diri siswa meliputi adanya cita-cita, keinginan memperoleh pekerjaan, adanya peluang masuk ke perguruan tinggi; 2)  lingkungan keluarga meliputi: harapan orangtua/saudara dan ekonomi orangtua; 3) lingkungan sekolah meliputi: alumni sekolah, adanya beasiswa, menambah wawasan, teman, pendapat tentang perguruan tinggi, adanya harapan pihak sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Siregar, A. Sattar, A. Siregar, and A. Lubis, “KAJIAN MINAT SISWA SMK NEGERI 1 SIPIROK KABUPATEN TAPANULI SELATAN UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN TINGGI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 340, May 2020.
Section
Artikel

References

Arifin, A., Ratnasari, S., 2017, Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Konseling Andi Matappa Volume 1 Nomor 1, e-ISSN: 2549-4279, (online) https://media.neliti.com/media/publications/177184-ID-hubungan-minat-melanjutkan-pendidikan-ke.pdf.
BPS Tapanuli Selatan, 2015, https://tapanuliselatankab.bps.go.id/statictable/2016/08/02/75/jumlah-pencari-kerja-terdaftar-menurut-jenis-kelamin-dan-tingkat-pendidikan-jiwa-2015.html.
Darmawan, I., 2017, Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjukan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 6, No 2, Hal 156-165.
Indriyanti, N., Siswandari., 2013, aktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta, Jupe UNS, Vol. 1, No. 2.
Khadijah, S., Indrawati, H., 2017, Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Volume 26, Nomor 2, e-ISSN 2540-7694, https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis.
Rahmawati, Y., & Hakim, L., 2015, Pengaruh Kondisi Orang Tua, Lingkungan Sekolah dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 3, No 2, Hal 1-9.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suciningrum, N. P., & Rahayu, E. S. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas XI di SMA PUSAKA 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisni. Vol 3, No 1, Hal 1-21.
Syah, M., 2011, Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taringan L & Nasution S., 2013, Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Anak Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus Kelas XI Semester Genap di SMA Sinar Husni Medan Helvetia Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2010/2011, Jurnal Citizenship. Vol 00, No. 00. Hal 35 – 52.