PENGARUH PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SALON LIDEO

Main Article Content

Alwinda Manao

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian melalui penelitian ini diperoleh persamaan regresi linea Y = 11,146 + 0,520X. Persamaan ini memberikan makna bahwa nilai konstanta (a) sebesar 11,146, ketika variabel pelayanan (X) bernilai 0 (nol), maka variabel loyalitas konsumen (Y) memiliki nilai yang tetap sebesar nilai konstanta adalah 11,146. Nilai koefisien (b) variabel  bebas (pelayanan) sebesar 0,520, artinya apabila variabel pelayanan (X) mengalami peningkatan sebesar satu-satuan atau 1%, maka akan dapat meningkatkan variabel loyalitas pelanggan sebesar 0,520 atau 52%, dengan asumsi tidak dipengaruhi oleh variabel yang tidak disebut dalam model

Article Details

How to Cite
[1]
A. Manao, “PENGARUH PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SALON LIDEO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 301, May 2020.
Section
Artikel

References

Andreas, Caesar dan Yuniati, Tri. 2016. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume V; 1-16).
Aptaguna, A., Pitaloka, E. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Jurnal Manajemen. Volume III; 49-56).
Asep M., Isyanto Puji, Irma Eli. 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen Rental DVD Pada Perusahaan Jasa Rental DVD Club Cabang Tuparev-Karawang. Jurnal Manajemen. Volume IX; 863-875).
Cornelia Ellys, Veronica S. Nanci, Kartika Endo Wijaya, Kaihatu Thomas S. 2008. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Laundry 5ASEC Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan. Volume. IV; 45-57).
Kusumasasti, Ika dan Hadiwidjojo, Andarwati Djumilah. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume XXII; 123-12).
Lupiyoadi, Rambat, dan A. Hamdani. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Pembalut Wanita (Studi Kasus pada Pengguna Brand Laurier di Kalangan Wanita Usia Subur di Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Nurullaili, Wijayanto Andi. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume II; 89-97).
Rachmansyah, Ardy. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume II; 1-21).
Solichin, Ilham Akbar, Kantun, Sri dan Suyadi, Bambang. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Quick Chicken Jalan Jawa No. 63 Jember Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume XI; 61-66).
Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Suliyanto. 2008. Teknik Proyeksi Bisnis Teori dan Aplikasi dengan Mincrosoft Excel. Yokyakarta: Andi Offset.
Unnisyak, Yunita. 2014. Mempertahankan Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Pada Salon Johnny Andrean, Cabang Sri RatuPemuda,
Wanda, Kanisius Waro. 2015. Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Mini Market Lulu Mart Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Volume III; 757-768).