ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ABAD 21 PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

Main Article Content

Armansyah Lubis Hanafi .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran analisis kebutuhan untuk mengembangkan penilaian proyek berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa abad 21. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yaitu mahasiswa yang telah lulus pada matakuliah metodologi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Hasil analisa data menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan perkuliahaan metodologi penelitian masih kategori cukup yaitu 69%. Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pada mata kuliah metodologi penelitian dibutuhkan penilaian berbasis proyek yang kombinasikan dengan langkah-langkah pendekatan saintifik agar mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Lubis and H. ., “ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ABAD 21 PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 336, May 2020.
Section
Artikel

References

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anjarsari, P. (2014). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam Pembelajaran IPA SMP. Makalah disampaikan dalam PPM “Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013 dengan Workshop Pengembangan LKS IPA Berpendekatan Guided Inquiry untuk Mengembangkan Thinking Skills dan Sikap Ilmiah Siswa”, 23 Agustus 2014. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Arends, R.I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies, Inc.
BSNP (Badan Standar Nasonal Pendidikan). (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI versi 01 Tahun 2010. Diakses dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress .com/2013/06/paradigmapendidikannasional-abad-xxi.pdf.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Jamaluddin, M., 2019, Pengembangan Asesmen Autentik Berupa Penilaian Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan E-Learning, Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 Nomor 3, September – Desember 2019, halaman 227 – 236, (online) https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/729/375.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wijayanti, 2014, Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa, JPII 3 (2) (2014) 102-108, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (online) file:///C:/Users/ACER/Downloads/Pengembangan_autentic_assesment_berbasis_proyek_de.pdf.