PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Main Article Content

Rahmatullah Pratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini terdiri dari tiga Variabel Independen yaitu Disiplin Kerja, Kompensasi dan Motivasi Kerja dan satu Variabel Dependen Kinerja Pegawai. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi Berganda. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Kuesioner yang diisi oleh responden yaitu pegawai kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, 2). Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, 3). Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, 4). Disiplin kerja, kompensasi dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan R2 (R Square) sebesar 0,651 atau 65,1%.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Pratama, “PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PESISIR SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 312, May 2020.
Section
Artikel

References

Damayanti, Agiel Puji, Dkk. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta. Jurnal UNS. Vol 2 No 1, Oktober 2013: 155-168.
Edison, Emron, Dkk. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dalam Organisasi. Bandung : Bandung.
Effendi, Usman. 2015. Asas Manajemen. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Hasibuan, S. P. Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2011. Manajamen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sari, Vivi Nila, Dkk. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta Api (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. Tesis. Padang : Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : PT. Refika Aditama.
Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sutrisno, Dkk. 2016. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang. Tesis. Semarang : Unpand.
Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Wijaya, Tanto, Dkk. 2015. Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sinar Jaya Abadi Bersama. Tesis. AGORA Vol. 3, No. 2.