ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan ± 3 bulan dari bulan Oktober sampai Desember 2019. Adapun penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesiapan berpikir kreatif lancar peserta didik melalui pembelajaran kimia di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan berpikir kreatif luwes siswa melalui pembelajaran kimia di klas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, dan untuk melihat upaya peningkatan kesiapan berpikir kreatif merinci peserta didik pada pembelajaran kimia di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, dan pengaruh berpikir kratif orisinal peseta didik pada pemblajaran kimia di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penlitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA yang berjumlah 49 orang. Adapun metode pengumpulan data yang diterapkan yankni angket,wawancara dan dokumntasi.hasil pnelitian pada peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan menunjukkan bahwa rata-rata perindikator (1). Adapun hasil perhitungan yang diperoleh untuk kemampuan berpikir kreatif lancar peserta didik 75 %, (2) Adapun hasil perhitungan yang diperoleh untuk perhitungan kemampuan berpikir kreatif luwes peserta didik 66,3 %, kemampuan berpikir kreatif merinci 60,6 %, kemampuan berpikir kreatif asli pesettadidik 61,2 %, dan hasil nilai rata-rata dari indikator kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu 65,6.
Article Details
References
Dilla, Siska, Cindy.2018. Faktor Gender dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of medives. Vol 2 (1), hal. 129-136.
Ismawati,Tuti. 2016 Pembelajaran Berbasis Proyek Tentang Pencemaran Utuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek. Vol. 5 (7); 791-795.
Nani, Tati. 2012. Pengukuran Kemampuan Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatinanggor Dalam Praktek Pembuatan Tempel Pada Konsep Materi Jamur. Jurnal Pendidikan. Hal 977-985.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Cita Pustaka Media.
Redjeki, Sri. 2008. Kimia umum. Jakarta: Universitasterbuka.
Rustam, Nuryani. 2007. Strategi Pembelajaran Kimia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung:Alpabeta.
Suparman.2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bio Edukasi. Vol 3 (2); 367-372.
Susilowati. 2009.Materi Kurikuler Kimia SMA. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syafaruddin. 2012. Metodologi Penelitian. Tarbiah Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.
Syah, Muhibibin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.