ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Emmi Juwita Siregar Dwi Aninditya Siregar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan ± 3 bulan dari bulan Oktober sampai Desember 2019. Adapun penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesiapan  berpikir kreatif lancar peserta didik melalui pembelajaran kimia di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, untuk melihat  faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan berpikir kreatif luwes siswa melalui pembelajaran kimia di klas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, dan untuk melihat upaya peningkatan kesiapan berpikir kreatif merinci peserta didik pada pembelajaran kimia di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, dan pengaruh berpikir kratif orisinal peseta didik pada pemblajaran kimia di kelas X MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penlitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA yang berjumlah 49 orang.  Adapun metode pengumpulan data yang diterapkan yankni angket,wawancara dan dokumntasi.hasil pnelitian pada peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan menunjukkan bahwa rata-rata perindikator (1). Adapun hasil perhitungan yang diperoleh untuk kemampuan berpikir kreatif lancar peserta didik 75 %, (2) Adapun hasil perhitungan yang diperoleh untuk perhitungan kemampuan berpikir kreatif luwes peserta didik 66,3 %, kemampuan berpikir kreatif merinci 60,6 %, kemampuan berpikir kreatif asli pesettadidik 61,2 %, dan hasil nilai   rata-rata dari indikator  kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu 65,6.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Siregar and D. Siregar, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 470, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Bungin, Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: kencana
Dilla, Siska, Cindy.2018. Faktor Gender dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of medives. Vol 2 (1), hal. 129-136.
Ismawati,Tuti. 2016 Pembelajaran Berbasis Proyek Tentang Pencemaran Utuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek. Vol. 5 (7); 791-795.
Nani, Tati. 2012. Pengukuran Kemampuan Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatinanggor Dalam Praktek Pembuatan Tempel Pada Konsep Materi Jamur. Jurnal Pendidikan. Hal 977-985.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Cita Pustaka Media.
Redjeki, Sri. 2008. Kimia umum. Jakarta: Universitasterbuka.
Rustam, Nuryani. 2007. Strategi Pembelajaran Kimia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung:Alpabeta.
Suparman.2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bio Edukasi. Vol 3 (2); 367-372.
Susilowati. 2009.Materi Kurikuler Kimia SMA. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syafaruddin. 2012. Metodologi Penelitian. Tarbiah Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.
Syah, Muhibibin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.