APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK TUNARUNGU SISWA TKLB

Main Article Content

Hanes Hery Pujianto Marianus Subandowo Retno Danu Rusmawati

Abstract

Tujuan Pengembangan adalah menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran berbasis android yang akan digunakan sebagai strategi pembelajaran penyampaian pesan pembelajaran yang efektif dan inovatif yang dapat menumbuhkan ekspresi positif pada siswa TKLB Tunarungu pada tema Binatang.Perkembangan teknologi terkini yang pesat dengan semakin seringnya penggunaan gadget, khususnya smartphone dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam bidang pendidikan, tetapi masih kurangnya media pembelajaran yang berbasis aplikasi smartphone android untuk penyampaian sebagai bahan ajar di sekolah khususnya untuk siswa TKLB Tunarungu yang mengambil materi tentang tema binatang untuk TKLB kelas A, B, dan C, agar siswa termotivasi dalam belajar serta lebih mudah untuk memahami tema yang dipelajari, maka perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Tutorial yang menggunakan android. Dengan aplikasi ini siswa TKLB bisa mengenal bermacam-macam binatang serta jumlah kaki binatang, dan makanan binatang, dari bahan ajar yang dikembangkan ini kualitas media pembelajaran dapat ditinjau dari aspek kemenarikan, kemudahan, serta kesesuaian.Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran aplikasi tutorial berbasis android menunjukkan hasil yang sangat baik dan layak digunakan  sebagai bahan ajar media pembelajaran di TKLB tunarungu maupun digunakan secara mandiri di rumah dengan pendampingan oleh orang tua menurut ahli materi, ahli desan pembelajaran, dan ahli media, dan validasi guru serta orang tua siswa. Respon guru siswa serta orang tua terhadap penggunaan bahan ajar ini dalam pembelajaran sangat baik, siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan membangkitkan rasa keingin tahuan siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Pujianto, M. Subandowo, and R. Rusmawati, “APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK TUNARUNGU SISWA TKLB”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 390, May 2020.
Section
Artikel

References

Ades, Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Ali, Muhammad. (1992). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arifianto, Teguh. (2011). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWIT. Yogyakarta: Andi Offset.
Arista, Fitra Suci, (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Androisd Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction January 2018. Vol. 11, No. 1e-ISSN: 1308-1470. www.e-iji.netp-ISSN: 1694-609X.
Azhar Arsyad, (2009). Media Pembelajaran. (Jakarta: PT Grafindo Persada)
Branch, Robert Maribe. (2014).Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA
Degeng, I, Nyoman, Sudana. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud.
Delkisyarangga, Bramantio. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Komponen Elektronika Daya (Elda) di SMK. Yogyakarta. Universitas Negeeri Yogyakarta.
Dick, W. and Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4nd Ed). Glecview, Illionis: Scot, Foresman and Company.
Dwijosumarto, Andreas. (1990). Ortopaedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Depdikbud.
Fikri, Imaduddin Al. (2016). Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak dengan Menggunakan Platform Wikitude untuk Studi Kasus Lingkungan ITS Jurnal Teknik ITS Vol. 5, No. 1, (2016) ISSN: 2337-3539
Gerlach dan Ely. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education.
Gunarsa, Singgih D. (1983). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta Pusat:BPK Gunung Mulia.
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Hermawan S, Stephanus. (2011). “Mudah Membuat Aplikasi Android” Yogyakarta: Andi Offset.
Jengathe, 1Ganesh. Dinesh V. Rojatkar. (2015). Research Publish Journals Use of Android in Education System. International Journal of Electrical and Electronics Research ISSN 2348-6988 (online) Vol. 3, Issue 4, pp: (133-137), Month: October - December 2015, Available at: www.researchpublish.com Page | 133
Jumarlis, Mila. (2018). Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah Berbasis Augmented Reality. Ilkom Makassar: ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 10 Nomor 1, April 2018. Makassar:Universitas Muslim Indonesia.
Miarso, Y. (2005). Menyemaih Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Murtiwiyati. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesiau untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 12 Nomor : 2, Desember 2013 ISSN : 1412-9434
Muyaroah, Siti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal UNES Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET 6 (2) (2017).Semarang:UNES.
Nugroho, B. (2004). Bina Wicara Anak Tunarungu fonetik khusus Makalah pada Pelatihan Dosen Pendidikan Luar Biasa, tidak diterbitkan. Jakarta
Purbasari, Rahmi Julia. (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X . Jurnal Universitas Negeri Malang. Malang: Univesitas Negeri Malang
Saefi, Muhammad. (2014). Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android pada Pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel Kelas X. Malang. Universitas Negeri Malang
Safaat, Nazruddin. (2012). “Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan TABLET pc Berbasis Android” Bandung: Informatika Bandung.
Sudrajat, Akhmad. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Keuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono,(2013).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyono, Heru. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Informatika Vol 8 No 2
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Unversitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11 (1), 312-330.
Trisiana, Anita. (2016)Desain Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, Vol. 11 No. 1 Juni 2016 3
Uden, V. (2000). A world of language for deaf children: Basic principles a maternal reflective method. Amsterdam-Lisse: Swetz & Zeitlinger.
Undang-undang no. 20 Tahun (2003)Tentang Sistem Pendidikan Nasional.http://educare.e-fkinpula.net/index.php?option=com
Wiryokusumo, Iskandar. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.