PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK KELOMPOK A

Main Article Content

Emi Tiningsih Marianus Subandowo Retno Danu Rusmawati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan pembelajaran di TK yang penyusun lihat pola pembelajarannya masih bersifat berpedoman pada buku . Dari pembelajaran sedemikian itu, mengakibatkan lemahnya daya imajinasi dalam menerapkan lima aspek perkembangan yaitu perkembangan fisik, perkembangan moral, sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan seni ,sangat terlambat, sehingga prestasi belajar yang dicapai tidak optimal dan kurangnya pembelajaran dengan permainan menggunakan kartu huruf, meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada TK DWP Grogol. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok A di TK DWP Grogol Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah 23 anak. Dan uji coba juga dilakukan oleh 3 Ahli yaitu Uji Ahli Desain, Uji Ahli isi/materi, dan Uji ahli Media. Dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: (1) kegunaan : media kartu huruf berdasarkan validasi dari ahli materi, dan ahli media terbukti efektif dan layak dipakai untuk kegiatan pembelajaran di TK . Oleh karena itu, media kartu huruf perlu diterapkan tidak hanya digunakan di TK DWP Grogol saja tetapi juga digunakan diseluruh Indonesia, sehingga mendapat hasil belajar yang maksimal. (2) pengembangan produk : diharapkan produk media kartu huruf di Kelompok A di Taman Kanak-kanak dapat dikembangkan lagi oleh penyusun yang tertarik untuk pengembangan produk media kartu huruf.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Tiningsih, M. Subandowo, and R. Rusmawati, “PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK KELOMPOK A”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 399, May 2020.
Section
Artikel

References

Azhar Arsyat, 2005. Media Pembelajaran. Semarang : Widya Karya
Carol Seefeldt dan Barbara A. Wasik. 2008 . Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta : PT. Indeks.
Cucu Eliyawati. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan.
Conny R. Semiawan. 2008. Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Index.
Dhieni, Nurbiana. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta : Diva Press.
John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.
John D. Latuheru. 2002. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar – Mengajar Masa Kini. Cet.I. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Mahargyani, Distia, A., Waluyo, H.J. & Saddhono, K. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Volume 1 Nomor 1, Desember 2012.
Maimunah Hasan, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Yogyakarta L Diva Press.
Mansur, 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Daalam Islam. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Musthofa ,Yasin. 2007. EQ Untuk Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta : Sketsa.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8 (1): 19-35.
Partini . 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.
Poko & Budzer, J. (2016). Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Permainan Tebak Misteri pada Siswa Kelas VII SMP 1 Beteleme. Media Litbang Sulteng, IX (1): 11-22, Januari 2016.
Putra, I.N.A., Jampel, I.N., & Sudatha, I.G.W. (2018). Pengembangan Multi Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di TK Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Vol, 9 No. (2) pp. 29-38.
Safitri, R.W., Primiani, C.N. & Hartini. (2018). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume 8 (1) 1-14 Juni 2018.
Sapriya. (2012). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Satriana, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Sampai 5 Melalui Media Flash Card bagi Siswa Tunagrahitan Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Volume 1 Nomor 2 Mei 2013.
Siburian, T.A. (2013). Improving Students’ Achievement on Writing Descriptive Text Through Think Pair Share. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), Volume 3 (3), July 2013; 30‐43.
Sofa. (2010). Pengertian Ruang Lingkup dan Tujuan IPS. http:massofa.wordpress.com/2010/12/09/pengertian-ruang-lingkup-dan tujuan-ips/ Diakses pada tanggal 12 Mei 2019.
Soemiarti Padmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah.Jakarta : Rineka. Cipta.
Soenjono Darjowidjojo. 2003. Psikolinguistik : Pemahaman Bahasa manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Sudjana, N. & Rifai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks.
Sumantri, N. (2010). Menggagas Perbaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutaryono, 1999. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan nasional.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Ar – Ruz.
Tadkiroatun Musfiroh. 2009. Menumbuhkembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Grasindo Anggota IKAPI
Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.