PENGEMBANGAN BUKU AJAR DENGAN MEDIA VIDEO MATERI TEKNIK DASAR BOLA VOLI KELAS X

Main Article Content

Sau’un Pramono Mustaji . Harwanto .

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku ajar dengan media video yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan isi/materi pembelajaran, (2) instrumen kevalidan desain pembelajaran dan (3) instrumen kevalidan media pembelajaran serta angket respon peserta didik terhadap buku ajar dengan media videodan instrumen keefektifan berupa hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data, diperoleh presentase kevalidan oleh ahli isi/materi pembelajaran 88%, presentase oleh ahli Desain pembelajaran 90%, presentase oleh ahli media sebesar 86% dan respon peserta didik diperoleh presentase dari subjek uji perorangan sebesar 86,11%, uji kelompok kecil sebesar 85%, dan uji kelompok besar menunjukkan presentase 86,71%. Media pembelajaran telah memenuhi kriteria, peserta didik mencapai nilai ketuntasan. Peningkatan hasil belajar ekonomi yang dapat disimpulkan bahwa buku ajar dengan media videoyang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Pramono, M. ., and H. ., “PENGEMBANGAN BUKU AJAR DENGAN MEDIA VIDEO MATERI TEKNIK DASAR BOLA VOLI KELAS X”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 409, May 2020.
Section
Artikel

References

Adang, S. (1993). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Yayasan Kesuma Karya.
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual: Konsep, LAndasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif (TKI). Jakarta: Kencana.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reineka Cipta.
Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Buku Aksara.
Bambang, P., & Budi, P. J. (2015). Penerapan Media Audio Visual ( Viideo) Terhadap Kemampuan Passing Bawah Dalam Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 765–770.
Cheppy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial NuraniSejahtera.
Dwyer francis M. (1975). Strategis For Improvingvisual Learning, State Collage.
Fauzan, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais.
Kadek Darmayasa, I., Jampel, N., Simamora, A. H., & Pendidikan, J. T. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA. In Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.
Lestari, I. (2013). engembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
McGriff, S. J. (2000). . Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. Pennsylvania. College of Education, Penn State University.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 103. (2014). Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.
Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: ALFABETA.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suardika, I. K. (2017). Pengembangan Bhan Ajar Berbasis Video untuk Materi Renang Gaya Dada (Breast Stroke) berlandasakan Tri Hita Karana.
Suherman, A. (2000). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Sukmadinata, N. . (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryobroto, O. A. S. (2004). Peningkatan Kemampuan Manajemen Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Umiarso, B. D. (2012). Pendidikan Kepemimpinan Islam Antara Teori Dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Widodo, C. dan J. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Zainal, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.