UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER

Main Article Content

Novita Aswan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester Ganjil 2018/2019. Pada penelitian ini, peneliti menekankan pada peningkatan hasil belajar mahasiswa pada materi Sistem persamaan linier dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pemilihan Pendekatan RME ini dikarenakan, kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang konsep-konsep dasar matematika yang terlalu abstrak. Diharapkan dengan pendekatan RME, dimana mengenalkan permasalahan-permasalahan sederhana yang realistis atau lebih akrab dengan mahasiswa akan meningkatkan pemahaman mahasiswa pada konsep Sistem Persamaan Linier. Hal ini terlihat dari hasil penerapan RME pada tiga siklus penelitian yang memperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 83,27% dari 44 orang mahasiswa dan kefektifan belajar yang dinilai dari 70% mahasiswa melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan

Article Details

How to Cite
[1]
N. Aswan, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 439, May 2020.
Section
Artikel

References

Ariyadi, Wijaya, 2012, Pendidikan Matematika Realistik, Yogyakarta : Graha Ilmu
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta. Bumi Aksara
Dimyati, 2013, Belajar dan Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Hasim, Ikhsan, 2017. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas II MIN Miruk Aceh Besar (skripsi), Banda Aceh: IAIN ArRaniri, diakses melalui situs: https://repository.arraniry.ac.id/344/2/IKHSAN%20HASYIM.pdf
Jamita, Nida dan Hazami, 2013, Ketuntasan Hasil Belajar Siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Perkalian, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, diakses melalui situs: http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/ didaktika/aricle/view/474
Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Zahra, Mengajar Matematika dengan Pembelajaran Realistik, (Online),diakses melalui situs, http://zahra-abede.blogspot.com/2010/ 04/mengajar-matematika-dengan pendekatan.html