PENGARUH TEHNIK PIJAT BAYI PADA BAYI PREMATUR TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN

Main Article Content

Dita Selvia Aditia Lola Pebrianthy

Abstract

Pijat adalah terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan yang paling populer. Diperkirakan ilmu ini dikenal sejak awal manusia diciptakan ke dunia, mungkin karena pijat bayi berhubungan sangat erat dengan kehamilan dan proses kelahiran manusia. Pengalaman pijat pertama yang dialami manusia ialah pada waktu dilahirkan, yaitu pada waktu melalui jalan lahir si ibu. (Utami R, 2010). Ahli neonatology Utami Roesli, Ia mengatakan bayi-bayi prematur yang dipijat selama sepuluh hari akan mengalami peningkatan berat badan 20-40% dan daya tahan tubuhnya akan mengalami peningkatan 40%. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen Research) dengan  rancangan penelitian  post only control group Design. Tekhnik pengambilan sampel dengan Non Random Sampling menggunakan teknik Purposive Sampling. Dimana terdapat dua kelompok perlakuan yaitu kelompok pertama adalah yang mendapat intervensi dengan  pemberian pijat bayi premature dan kelompok kedua adalah yang merupakan kelompok kontrol yang diberikan pijat bayi biasa menganalisis kenaikan berat badan. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Dengan jumlah sampel 36 orang bayi prematur. Hasil Penelitian didapatkan jumlah bayi prematur pada kelompok kontrol yang tidak mengalami kenaikan sebanyak 55.6%. jumlah bayi prematur pada kelompok intervensi yang mengalami kenaikan sebanyak 77.8%. Hasil uji t diperoleh P value 0.03 berarti kurang dari 0,05 maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh teknik pijat bayi pada bayi premature terhadap kenaikan berat badan

Article Details

How to Cite
[1]
D. Aditia and L. Pebrianthy, “PENGARUH TEHNIK PIJAT BAYI PADA BAYI PREMATUR TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 442, May 2020.
Section
Artikel

References

Roesli, Utami. 2010. “Pedoman Pijat Bayi”. Cet. XII. Jakarta: Trubus Agriwijaya.
Putri, Hamasah. 2010. “Perawatan Si Kecil & Bunda Pasca Melahirkan”. Depok: Leaf Productior.
Maharani, Sabrina. 2009. “Pijat & Senam Sehat Untuk Bayi”. Yogyakarta: Katahati.
Ahr, Barbara. 2010.”Memanjakan Bayi Anda Dengan Pijatan Lembut. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
http. PijatBayiKuliah Bidan.hmt
Hidayat, A A. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. 2008. Konsep Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan – Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Notoatmodjo, 2010. Metodologi penelitian kesehatan . Jakarta: PT Rineka Cipta
Riyanto, Agus. 2011. Pengolahan Dan Analisis Data Kesehatan. Cet I. yogyakarta: Nuha Medika.