PENGARUH PERILAKU INOVATIF, TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN LABUHANBATU

Main Article Content

Agus Anjar Marlina Siregar Toni . Muhammad Khoirul Ritonga Hasmi Syahputra Harahap Zunaidy Abdullah Siregar

Abstract

Inovatif, Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhanbatu.Jen Labuhanbatu selama 4 (empat bulan) mulai Juli 2019 hingga Oktober 2019. Target populasi dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 241 sekolah. Dengan demikian, jumlah populasi yang terjangkau dalam penelitian ini adalah 241 orang kepala sekolah. Sampel penelitian diambil sebagai bagian dari target setiap kecamatan, dengan pertimbangan masa kerja, pendidikan dan kepangkatan. Untuk menentukan jumlah sampel penelitian, dengan menggunakan Tabel Isaac dan Michael pada taraf signifikansi 5 persen. Berdasarkan tabel tersebut, untuk jumlah partisipasi sebanyak 241 sampel yang diperoleh sebesar 142. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Proportional Random Sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan olehacak sederhanadengan proporsionalberdasarkan kecamatan. 1) Kompetensi dan sosial, 2) Kompetensi pembelajaran, 3) Kompetensi pengembangan sekolah, 4) Kompetensi manajemen sumber daya, 5) Kompetensi kewirausahaan dan 6) Kompetensi supervisi. yang signifikan antara Perilaku Inovatif dengan Kinerja, yaitu: ρ51 = 0,237, Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan proporsi proporsional diperoleh motivasi langsung Inovatif terhadap Kinerja sebesar 0,237. Dengan demikian Perilaku Inovatif berdampak langsung positif terhadap kinerja, yang mana 23,70% perubahan-perubahan dukungan kinerja dapat ditentukan oleh Perilaku Inovatif.Perilaku inovatif mendukung langsung positif terhadap kinerja kepala SD di Kabupaten Labuhanbatu. Dengan perkataan yang lain, semakin tinggi kebijakan inovatif, semakin baik kinerja kepala SD di Kabupaten Labuhanbatu.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Anjar, M. Siregar, T. ., M. Ritonga, H. Harahap, and Z. Siregar, “PENGARUH PERILAKU INOVATIF, TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN LABUHANBATU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 26, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Aisyah, Murniati dan Niswanto. 2016. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Personil Sekolah Pada SMP Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Mudarrisuna. Volume 6, Nomor 1 Juni 2016. ISSN: 2089-5127. E-ISSN : 2460-0733

Bungai, Joni. 2006. Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Keefektifan Mengajar Terhadap Prestasi Lulusan SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 13, Nomor 2, Juni 2006, hlm 91-99

Chayani, Intan Dwi dan Karwanto. 2013. Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam upaya peningkatan kompetensi guru di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Jurnal. Digilib-UNS

Darmada, I Ketut, Nyoman Dantes, Nyoman Natajaya. 2013. Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri SeKecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. e-Journal program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)

Depdiknas. 2003. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/U/2003 tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, (Online), (http://www.depdiknas.go.id, diakses 9 Maret 2018).

Depdiknas, 2007. Pendidikan dan Pelatihan : Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Depertemen Pendidikan Nasional.

Hadi, Syamsul. 2015. Kontribusi Kompetensi Emosional Dan Praktik Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Keberdayaan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan 16 Pages ISSN 2302-0180 Universitas Syiah Kuala pp. 1 - 16 .Volume 3, No. 3, Agustus 2015 - 1

Irianto, Jusuf. 2007. Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pelatihan : Dari Analisis Kebutuhan Sampai Evaluasi Program Pelatihan. Kajian Mandiri dan Pengembangan SDM. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Jamali, Arif dan Lantip Diat Prasojo. 2013. Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan, Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa Sma Muhammadiyah Kota Yogyakarta. SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Krismastyanti, Adventina. 2013. Kompetensi sosial kepala sekolah menengah atas negeri (SMAN) 105 Jakarta. Jurnal. Digilib-Universitas Gunadarma.

Manap, Pudji Hartuti, Puspa Djuwita, Komaruddin, Muzanip Alperi, 2010. Pemetaan Kompetensi Kepala SMP di Provinsi Bengkulu Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan. Bengkulu : Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Vol 4. No. 5 ISSN 1979-732X. Hal -82-95

Ny. Surjana, Nym. Dantes, I Ny. Natajaya. 2013. Kontribusi Supervisi Akademik, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Tabanan I. Program Studi Administrasi Pendidikan,Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia e-mail: nyomansurjana.yahoo.co.id.nyoman.dantes,nyoman.natajaya)@pasca.undiksha.ac.id. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013)

Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. arifjamali_76@yahoo.com, lantip1975@gmail.com Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan Volume 1, Nomor 1, 2013.

Rahman, Abd. 2010. Korelasi Kompetensi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Dengan Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Mi Negeri Kota Banda Aceh. Jurnal. Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Rahman, Abd. 2015. Korelasi Kompetensi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Dengan Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani MI Negeri Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala. ISSN 2302-0180 pp 1-16.

Rohmat. 2010. Kepemiminan Pendidikan, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: STAIN Pres.

Rosalina, Risa. 2013. Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Volume 1 nomor 1 Oktober 2013. Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman 195-461.

Seprina, Reni. 2013. Kontribusi Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur. Jurnal : Volume 1 Nomor 1 Oktober 2013. Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan. Hal 183-461

Silfianti.2013. Kontribusi kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap Siswanto. 2006. "Training Need Assessment" Bidang Litbang Kesehatan Di Provinsi Kalimantan Tlmur. Buletin Peneliti an Sistern Kesehatan - Vol. 9 No. 4 Oktober 2006: 184-189

motivasi kerja guru SMP Negeri di kecamatan padang timur. Jurusan/Program Studi Administrasi Pendidikan FIP UNP.volume 1 nomor 1 oktober 2013. Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan. Hal 183-461

Syarif, Maryadi H. 2011. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Media Akademika, vol. 26, No. 1 Januari.2011.http://www.e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/media akademika /article/view/55/48. [03-03-2015]

Surjana, I, NY, Nym. Dantes2, I Ny. Natajaya. 2013. Kontribusi Supervisi Akademik, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013)

Wiyatno dan Muhyadi. 2013. Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smp N 3 Jetis, Bantul. SMP Muhammadiyah Merauke Papua; Universitas Negeri Yogyakarta wiyatno59@ymail.com; muhyadi@uny.ac.id. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan Volume 1, Nomor 1, 2013

Winaryati, Eny dan Mufnaety. 2012. Kompetensi kepala sekolah sebagai supervisor pada pembelajaran IPA di Kota Semarang. Jurnal. LPPM UNIMUS. ISBN. 978-602-18809-0-6.

Wahjosumidjo, 2008. Kepemimpinan Kepala SekolahTinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawaali Pers.

Yuliana, Lia. 2007. Peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam kematangan professional guru. Jurnal. Manajemen pendidikan No. 02/th III/oktober/2007 hal 63-71

Yudani, NM, I.N. Natajaya, K.R. Dantes. 2013. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ips Se-Kabupaten Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).