POMODORO TECHNIQUE FOR IMPROVING STUDENTS’ READING ABILITY DURING COVID-19 PANDEMIC

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Kisno .

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah merubah pola dan proses belajar dan mengajar pada hampir semua lembaga pendidikan di Indonesia. Durasi proses pembelajaran telah menjadi salah satu faktor penting selama masa belajar dari rumah karena mahasiswa tidak lagi dibebani dengan masa belajar sepanjang hari seperti sediakala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Teknik Pomodoro meningkatkan kemampuan membaca selama masa belajar dari rumah. Penelitian ini menerapkan rancangan kuasi-eksperimental yang melibatkan sebanyak enampuluh mahasiswa sebagai sampel. Setengah dari sampel tersebut mengalami pembelajaran dengan menggunakan Teknik Pomodoro dan sisanya belajar dengan menggunakan teknik durasi berkelanjutan sebagaimana yang telah ditetapkan di dalam jadwal perkuliahan. Pretes dan postes kemampuan membaca digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dan skor hasil tes dianalisis dengan menggunakan Ms. Excel 2019.  Hasil pengujian t sampel bebas menunjukkan hasil 0.0000 dengan artian bahwa nilai signifikansi berada di bawah 0.005 dan rataan nilai kemampuan membaca mahasiswa yang menggunakan teknik Pomodoro meningkat secara signifikan. Secara ringkas, Teknik Pomodoro direkomendasikan sebagai salah satu teknik manajemen waktu pembelajaran yang efisien dalam meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa selama masa belajar dan mengajar di rumah.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Ahmed, R., Chambers, A., Frontz, M., & Voida, S. (2014). A Tangible Approach to Time. ACM International Joint Conference on Pervasive and Ubiquitous Computing (pp. 207-210). Seattle, Washington: Association for Computing Machinary. doi:http://dx.doi.org/10.1145/2638728.2638794
Browne, R., Raeside, L., & Gray, G. (2018). Gamification in Education: Productivity and Motivation Through. 12th European Conference on Games Based Learning (pp. 867-870). Sophia Antipolis: Skema Business School.
Chaamwe, N., & Shumba, L. (2016). ICT Integrated Learning: Using Spreadsheets as Tools for e-Learning, A Case of Statistics in Microsoft Excel. International Journal of Information and Education Technology, 6(6), 435-440. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Nchimunya_Chaamwe/publication/276844496_ICT_Integrated_Learning_Using_Spreadsheets_as_Tools_for_e-Learning_A_Case_of_Statistics_in_Microsoft_Excel/links/5602b38408ae849b3c0e255e.pdf
Cirillo, F. (2006). The Pomodoro Technique. Agile Processes in Software Engineering, 54(2).
Feng, J. (2016). An evaluation of the Pomodoro Technique for stopping procrastination and behaviour change. Human Computer Interaction, 1-3.
Giesbrecht, B. A. (2015). Pomodoro Technique for time management. White Papers, 1-4. Retrieved from https://digitalcommons.unomaha.edu/nbdcwhitepapers/19
Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017, Februari). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. doi:http://dx.doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618
Julson, E. (2018, May 10). healthline. Retrieved from 10 Best Ways to Increase Dopamine Levels Naturally: https://www.healthline.com/nutrition/how-to-increase-dopamine
Noteberg, S. (2010). Pomodoro Technique Illustrated: The Easy Way to Do More in Less Time . Raleigh, NC: Pragmatic Bookshelf.
Purnama, Y. I., Ningrum, I. K., & Prastiwi, C. H. (2019). Nature-Based School: Creativity And Innovation In English Language Education. International Seminar on Language, Education, and Culture (ISOLEC 2019) (pp. 134-137). Malang: Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang (UM) .
Purnamasari, N. I., & Safitri, D. N. (2016). Bojonegoro, Efektivitas Pembelajaran Melalui Facebook Group Discussion Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 1(2). doi:10.24269/js.v1i2.271
Rohmah, I. I., Saleh, M., Faridi, A., & Fitriati, S. w. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Weblog Pada Kelas Content And Language Integrated Learning (CLIL). Seminar Nasional Pascasarjana Unnes. 2, pp. 357-364. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/issue/view/6
Rohman, N., & Safitri, D. N. (2018). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Lcd Projector Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 79-87. doi:http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i2.197
Siregar, R. A. (2011). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kimia dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA di Kota Padangsidimpuan. Retrieved from Digital Repository Universitas Negeri Medan: http://digilib.unimed.ac.id/3213/
Zainuddin, M. (2014). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) terhadap Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 2(2), 1-10. doi:http://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.472