PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMA Swasta Kampus Telukdalam Nias Selatan. Metode penelitian adalah Kualitatif Deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada guru, siswa dan orang tua, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dengan cara reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi data. Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa bukan hanya ditentukan oleh, pembelajaran yang efektif, peran orang tua, akan tetapi sangat ditentukan oleh kompetensi guru. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sangat ditentukan oleh kompetensi guru dan didukung oleh pembelajaran yang efektif dan peran orang tua.
Article Details
References
Damayanti, 2016, Sukses Menjadi Guru.Yogyakarta: Araska
Gunawan, Imam, 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Kunandar, 2011. Guru Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mulyasa, 2016, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Neolaka, Amos, 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.16 Tahun 2007. Tentang Standar Kuakifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Biro Hukum dan Organisasi Depertemen Pendidikan Nasional
Supardi, 2013. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya, PT RajaGrafindo Persada. Jakarta: Cetakan ke1
Thobroni, 2016. Belajar dan Pembelajaran, AR-RUZZ MEDIA. Yogyakarta: Cetakan II
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Utama
https://www.kompasiana.com/rangga93/55292bc6f17e61a7448b462a/peran-orang-tua-dalam-upaya-membantu-meningkatkan-mutu-pendidikan