THE METACOGNITIVE STRATEGY ON WRITING VIEWED FROM LEARNING STYLES FOR EIGHTH GRADERS OF SMP NEGERI 5 SIDOARJO

Main Article Content

Indra Asnianto Bambang Yulianto Syamsul Shodiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi metakognisi dalam menulis ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo. Metakognisi adalah pengetahuan atau kesadaran siswa terhadap proses dan hasil berpikirnya sendiri. Strategi metakognisi dalam penelitian ini dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian menulis teks berita. Tema teks berita dalam penelitian ini adalah fenomena alam, serta gaya belajar yang digunakan adalah visual, auditori, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualititatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) siswa yang bergaya belajar visual, (2) auditori, dan (3) kinestetik menggunakan metakognisi dalam perencanaan yaitu memahami struktur teks berita, menentukan tujuan sebelum menulis, menetapkan strategi sebelum menulis, dan membuat ide-ide pokok untuk memudahkan penulisan; pelaksanaan pada gaya belajar visual yaitu mengontrol kesalahan penulisan dan tata bahasa, cermat mengekspresikan ide-ide sesuai dengan struktur teks sedangkan siswa dengan gaya belajar; pelaksanaan pada gaya belajar auditori yaitu mengekspresikan ide-ide namun terkadang tidak urut sesuai dengan struktur teks; sedangkan pelaksanaan pada gaya belajar auditori kinestetik yaitu mengekspresikan ide-ide namun tidak sesuai dengan struktur teks; dan evaluasi yaitu mengecek kembali, menulis, dan menyusun kembali hasil tulisan.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Asnianto, B. Yulianto, and S. Shodiq, “THE METACOGNITIVE STRATEGY ON WRITING VIEWED FROM LEARNING STYLES FOR EIGHTH GRADERS OF SMP NEGERI 5 SIDOARJO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 471, May 2020.
Section
Artikel

References

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.
Gunawan, Adi W. 2006. Gennius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hartman, Hope J. (Ed.). 2001. Metacognition in Learning and Instruction: Theory, Research, and Practice. Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic Publishers. 33—68.zZ DOI 10.1007/978-94-017-2243-8.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Santrock, John W. 2017. Psikologi Pendidikan: Educational Psychology Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Schunk, D. H. 2012. Learning Theories an Education Perspective Sixth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Slavin, Robert E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice Sixth Edition. United States of America: Pearson Education Company.
Woolfolk, Anita. 2005. Educational Psychology: Active Learning Edition Ninth Edition. United States of America: Pearson Education, Inc.