PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBASIS KEARIFAN LOKAL MADURA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KARDULUK I PRAGAAN SUMENEP

Main Article Content

Suttrisno . Yatim Riyanto Waspodo Tjipto Subroto

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan karena siswa SD memerlukan pemahaman mengenai nilai-nilai positif yang ada dalam kearifan Lokal Madura yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan menggunakan pembelajaran berbasis model VCT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Prestest- Posttest Control Group Design. Responden penelitian ini kelas IV dengan kelompok eksperimen berjumlah 20 dan kelompok kontrol berjumlah 20. Instrumen menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus Independent Sample T-Test. Setelah diberikan perlakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Ada pengaruh implementasi model VCT berbasis kearifan lokal madura terhadap hasil belajar IPS siswa yang dilihat dari hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 6,047 dan ttabel pada (df.38) signifikansi 0,05 adalah 1,686, sehingga disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung> ttabel dengan hasil Sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. (b) Ada pengaruh implementasi model VCT berbasis kearifan lokal madura terhadap motivasi belajar yang dilihat dari hasil analisis uji-t thitung2,512dan ttabel pada (df.38) signifikansi 0,05 sebesar 1,686, sehingga disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung> ttabel dengan hasil Sig. 2-tailed sebesar 0, 16< 0, 05.

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., Y. Riyanto, and W. Subroto, “PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBASIS KEARIFAN LOKAL MADURA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KARDULUK I PRAGAAN SUMENEP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 495, May 2020.
Section
Artikel

References

6. DAFTAR PUSTAKA
Aderson, L.W., & Krathwohl, D.R. 2017. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (Agung Prihantoro, Penerjemah). Wittrock: Pearson Education, Inc
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategibelajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel, J.R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Humanities/Social Sciences?.Languages.
Hall. B. 1973. Value Clarification As Learning Process. New York: Paulist Pres.
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Reflika Aditama.
Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook. Yogyakarta: MediaKom
Rahmawati, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Vct (Klarifikasi Nilai) Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Ips Pada SiswaSmp Islam Terampil Pancor Kopong. Fajar Historia. Volume 1 Nomor 2, hal. 155-169. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/view/590/pdf_12.
Risvanelli. 2017. Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). 3(2), 44-45. Doi: https://doi.org/10.29210//02017115.
Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Riyanto, Y. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raha Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subroto, W. T. (2009). Bahan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Surabaya : Unesa University Press.
Sugianti, Sri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 9(2), 255-262. Doi: 10.24114/jupiis.v9i2.8283
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2016.Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajaran dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranamedia Group
Uno, Hamzah, B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Zuhdan K. Prasetyo. 2013. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Surakarta: FKIPUNS.