ANALISIS TERHADAP MAHASISWA PRODI PPKN STKIP LABUHANBATU DALAM STUDI KASUS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN DAN APLIKASINYA PADA PENERAPAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN TAHUN 2019

Main Article Content

Muhammad Khoirul Ritonga Mila Nirmala Sari Hasibuan Rohana . Marlina Siregar

Abstract

Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui penerapan karakter pada kalangan mahasiswa  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraa (PPKN) STKIP Labuhanbatu, pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berfikir dan berprilaku sehingga mereka mampu berfikir sehingga mereka mampu hidup dan bekerjasama dengan keluarga, masyarakat dan negara. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat di perlukan  dalam kehidupan, nilai – nilai karakter bukan hanya di jumpai di lingkungan pendidikan tapi juga di dapat di lingkungan sekitar, dalam hal ini perpustakaan menjadi salah satu wadah yang dapat mengukur tingkat karakter mahasiswa, adapun karakter yang di analisis di sini adalah semangat kebangsaan, sedangkan  objek yang di analisis dalam penelitian ini adalah kunjungan mahasiswa STKIP Labuhanbatu khususnya prodi PPKN, lokasi penelitian di perpustakaan Yayasan Universitas Labuhanbatu, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan kajian pustaka dengan teknik analisis deskriptif adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa STKIP Labuhanbatu khususnya prodi PPKN memiliki tingkat karakter semangat kebanggsaan  yang baik ini dapat di lihat dari  hasil angket penelitian.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ritonga, M. N. Hasibuan, R. ., and M. Siregar, “ANALISIS TERHADAP MAHASISWA PRODI PPKN STKIP LABUHANBATU DALAM STUDI KASUS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN DAN APLIKASINYA PADA PENERAPAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN TAHUN 2019”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 42, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Citra yulia,2012.Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran, E-JUPEKhu Vol.1No.1 2012
Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.Gaung Persada.Jakarta
Lestyarini beniati ,2012, Penumbuhan semangat kebangsaan untuk memperkuat karakter Indonesia melalui pembelajaran bahasa, Jurnal pendidikan karakter, tahun II Nomor 3 , Oktober 2012.
MuslichMansur,2011. Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional, Bumi Aksara, Jakarta
Munir Abdullah, 2010. Pendidikan Karakter, Pedagogia.Yogyakarta
Murti,dkk, kebangsaan .http //www.murti. blogspot.com
Susanti Rosa.2013.Penerapan Pendidikan Karakter di kalangan mahasiswa Jurnal AL-ta’lim Jilid I No. 6 2013