PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS PETA PIKIRAN UNTUK MELATIH BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Rian Ningsih Pramunita Muslimin Ibrahim Widowati Budijastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar berbasis peta pikiran untuk melatih berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Materi yang dikembangkan adalah materi pengaruh kalor terhadap benda yang terdapat pada materi kelas V di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4D yang mempunyai tahapan yaitu, (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Desain ujicoba menggunakan One Group Pre-test Post-test Design. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Buku ajar yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria valid ditinjau dari hasil validitas buku yang memeroleh kategori sangat valid pada komponen kelayakan isi, kategori valid pada komponen kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan kelayakan kegrafikan serta uji keterbacaan yang dilakukan dengan menggunakan formula fry mendapatkan hasil yang sesuai dengan pembaca. Buku ajar yang dikembangkan juga dinyatakan sebagai buku ajar yang praktis ditinjau dari angket respon peserta didik dengan modus kategori baik. Buku ajar yang dikembangkan juga dinyatakan efektif ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif yang meningkat dari pre-test yang memeroleh presentase sebesar 28% meningkat pada post-test menjadi 58,2% dengan N-gain ketuntasan sedang. Berdasarkan pembahasan hasil dan temuan-temuan disimpulkan bahwa buku ajar IPA berbasis peta pikiran yang telah dikembangkan pada materi pengaruh kalor terhadap benda layak digunakan untuk melatih berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar

Article Details

How to Cite
[1]
R. Pramunita, M. Ibrahim, and W. Budijastuti, “PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS PETA PIKIRAN UNTUK MELATIH BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 537, May 2020.
Section
Artikel

References

Arnyana, Ida Bagus. 2007. “Pengembangan Peta Pikiran Untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir kreatif Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.
Astuti, Yuvita Widi. 2013. “Buku ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Multi Representasi”. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 1, No. 4, pp 382-389.
Badan Nasional Sertifikasi Profesi 2007.
Balim, Ali Gunay. 2013. “The Effect Of Mind-Mapping Applications On Upper Primary Students’ Success And Inquiry-Learning Skills In Science And Environment Education”. International Research in Geographical and Environmental E ducation. Vol. 22, No. 4, pp 337-352.
Borich, GG. 1994. Observation Skills For Effective Teaching. (New York: Macmillan Publishing Company).
Buzan, Tony. 2015. The Ultimate Book Of Min Maps.
Departemen Pedididkan Nasional tahun 2006.Departemen Pendidikan Nasional tahun 2004.
Djamarah, Bahri. et.al,. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Etikah, et.al., 2009. Ilmu Pengetahuan Alam 2. Surabaya: Lapis PGMI.
Fauziah, Dian Nur. 2017. “Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Siswa Pada Materi Sejarah Kerajaam Islam Di Indonesia”. Mimbar Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 2, pp128-138.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2011.How To Design And Evaluate Research In Educatian. New York: McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.
Fry, Edward. 1977. “Fry’s Readability Graph: Clarification, Validity, and Extension To Level 17”. Journal of Reading. Vol. 21, No. 3, pp 242-252.
Fyfe, B. 1985. “Encouraging Creative Thinking In Children”. Teacher Education Quarterly. Vol. 12, No. 1, pp 30-35.
Gak, D. M. 2011. “Textbook-An Important Element In The Teacing Proses”. Hatchaba Journal. pp 79-82.
Harjasujana, A Slamet. 1996. Membaca 2. Jakarta: Depdikbud Disdasmen.
Ibrahim, Muslimin. 2015. Matari Pokok Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Biologi. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ibrahim, Muslimin. 2016. “Readability Of Textbook Based On Activity Biology Ranging Topic For X Grade In Senior High School”. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.5, No.3.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. 2017. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi”. Jurnal pendidikan biologi. Vol.7, No. 1, pp 9-21.
Istiqomah, Nuriyah. 2013. “Pengembangan Buku ajar IPA Materi Perubahan Wujud Pengaruh kalor terhadap benda Dengan Metode Eksperimen”. SKIPSI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim.
J. Rowe, Alan. 2005. Creative Intelligence: Membangkitkan Potensi Inovasi Dalam Diri Dan Organisasi Anda. Bandung : PT Mizan Pustaka.
Karim, Abdul. 2016. “Mengembangkan Berpikir kreatif Melalui Membaca Dengan Moddel Mind Map”. Jurnal Perpustakaan Libraria. Vol, 2, No. 1 pp 29 – 45.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013.
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan model pembelajaran matematika dengan soal terbuka untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. (Disertasi tidak dipublikasikan.Universitas Negeri Surabaya).
Leggett, Nicole. 2017. “Early Childhood Creativity: Challenging Educators In Their Role To Intentionally Develop Creative Thinking In Children”. Early Childhood Education Journal.
Ma’rifah, Elfa., Parno., Nandang. M., 2016. “Identifikasi Kesulitan Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor”. Vol.4, No.5, pp 768-776.
Malycha, Charlotte P., Gunter W Maier., 2017. “The Random-Map Technique : Enhancing Mind-Mapping With A Conceptual Combination Technique To Foster Creative Potential”. Creativity Research Journal. Vol. 29, No. 2, pp 114-124.
Mulyasa.2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, S. C. Utami. 1999. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta : PT Gramedia.
Munandar, S. C. Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Muslich, M. 2010. “Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, Dan Pemakaian Buku Teks”. Jogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Perendikbud no. 37 tahun 2018 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar. Polat,Ozgul.2017.“TheEffectOfUsingMindMapsOnTheDevelopmentOfMaths And Science Skills”. Cypriot Journal of Education. Vol. 12, No. 1,pp 32-45.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri, et.al.,. 2019. “Creative Thinking Skill With Adversity Quotient Based On Lessen Study For Learning Community”. Journal of Physics: Conference Series 1211.
Putri, W. A., Prasetyo, A. P. B., & Supriyanto, S. 2012. “Pengaruh Penerapan Stategi Metakognitif Dalam Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar”. Journal Of Bioloy Education. Vol.1, No.3.
Rachmawati, Niasari. 2012. “Ketersedian Dan Pemanfaatan Buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013”. SKRIPSI Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas MuhammadiyahSurakarta.
Rahma, Rosita. 2016. “Keterbacaan Teks Pada Buku Model Bahasa Indonesia Tematik SD Kelas Tinggi Kurikulum 2013”. Vol. 2, No. 1.
Rahmawati, Maria M Emy. 2014. “Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran IPA”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 2.
Runco. Mark A. 2010. “Divergent Thinking, Creativity, And Ideation”. Creativity Research Journal. Vol. 24, No.1, pp 66-75.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sholahuddin, Arif. 2011. “Pengaruh Buku Ajar Kimia Kelas X Berbasis Redukdi Didaktik: Uji Kelayakan Di SMA Negeri Kota Banjarmasin”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol.17, No. 2.
Silver, E. A. 1997. “Fostering Creativity Though Instruction Rich In Mathematical Problem Solving and ProblemPosing”.
Siswono, Tatag Y E. 2004. “Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (PROBLEM POSING)”. Konferensi Nasional Matematika XII, Universitas Udayana.
Siswono, Tatag Y E. 2006. “Desain Tugas Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika”. Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Surabaya.
Sugeng, Mas. 2016. Cara mengukur keterbacaan dengan grafik fry. Jakarta: Guru Indonesia.
Suhartini, Erna. et.al., 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inquiry Terbimbing Berbantuan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir kreatif”.Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.Vol. 5, No.2.
Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga. Tarigan, G. Henry. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tilaar. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuasa Cendekia.
Tirtawati, Ni Luh Ratna. et.al., 2014. “Pengaruh Pembelajaran Kuantum (Quantum Learing) Dan Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Keterampilan Berpikir kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA”.E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 4.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. UU NO.20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional.UU Permendiknas nomer 22 tahun 2006.
Widura, Sutanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Wijaya, I Komang Wisnu Budi.et.al., 2012. “Model Demostrasi Interaktif Berbantuan Multimedia Dan Hasil Belajar IPA Aspek Kimia”.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.Vol. 45, No. 1.
Wisudawati, Asih Widi. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.