PEMANFAATAN JENIS TANAMAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN JAMU DI DAERAH SEKITAR TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN

Main Article Content

Amaano Fau

Abstract

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa jamu adalah jenis minuman yang menggunakan berbagai jenis tanaman dalam pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui jenis-jenis tanaman yang digunakan dalam pembuatan jamu; serta Mengetahui bagaimana pemanfaatan jenis tanaman yang digunakan dalam pembuatan jamu di daerah sekitar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap kegiatan, yaitu: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan Kesimpulan. Temuan peneliti di lapangan saat melakukan penelitian adalah bahwa terdapat 12 spesies tanaman dari 8 famili, yang digunakan dalam pembuatan jamu di daerah sekitar. Kesimpulan peneliti yaitu bahwa terdapat beragam jenis tanaman yang digunakan dalam pembuatan jamu di daerah sekitar Telukdalam, dan jenis tanaman tersebut merupakan bahan-bahan yang juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Telukdalam. Pemanfaatan jenis tanaman yang digunakan oleh masyarakat Telukdalam masih tergolong ke dalam pemanfaatan secara tradisional, baik untuk pengobatan maupun untuk tujuan kesehatan, masyarakat memanfaatkan tanaman tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, dan kebanyakan tidak mendistribusikannya. Masyarakat juga memiliki beberapa obat tradisional seperti jamu, yang dibuat dan dimanfaatkan sendiri. Saran dalam penelitian ini adalah agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi mengenai pemanfaatan jenis tanaman yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan, dan juga diharapkan agar hasil penelitian ini diajarkan kepada peserta didik di sekolah untuk menambah wawasan mengenai berbagai jenis tanaman dan juga pemanfaatannya, serta agar para peserta didik turut serta dalam pelestarian jenis-jenis tanaman.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Fau, “PEMANFAATAN JENIS TANAMAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN JAMU DI DAERAH SEKITAR TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 561, May 2020.
Section
Artikel

References

Dalimartha, S. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Emzir. 2014. Metodologi Pendidikan Kualitatif : Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Asdi Mahastya
Handoyo, Koko. 2016. Jamu Sakti Mengobai Berbagai Penyakit. Jakarta: Dunia Sehat.
Hanum, M. 2011. Pengobatan Tradisional dengan Jamu Ala Keraton sebagai Warisan Turun-temurun. Yogyakarta: Andi
Moleong.2016. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mukhtar. 2009. Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah. Jakarta: Gaung Persada Press
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Supriatna, J. 2018. Konservasi Biodiversitas Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.