PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTU TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Peni Royani Maria Veronica Roesminingsih Muhammad Turhan Yani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu teknik mind mapping terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V di SD Negeri Simomulyo IV/101 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent (pretest and posttest) control group design dengan populasi merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri Simomulyo IV/101 Surabaya dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dalam bentuk tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t dan N-Gain dengan menggunakan program SPSS 25,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran CIRC dengan teknik mind mapping berpengaruh positif terhadap keterampilan sosial siswa kelas V dibuktikan dengan hasil uji t dengan sign sebesar 1,674; (2) model pembelajaran CIRC dengan teknik mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V thitung adalah 4,041 apabila dibandingkan maka thitung > ttabel dengan hasil Sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil N gain kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 63% dibandingkan pada kelas CIRC tanpa strategi mind mapping. Hal itu berarti model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS Siswa SD Negeri Simomulyo IV/101 Surabaya daripada model konvensional.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Royani, M. Roesminingsih, and M. Yani, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTU TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 567, May 2020.
Section
Artikel

References

Ningrum, Epon. (2009). Pengembangan Strategi Pembelajaran Georgrafi Berorientasi Keterampilan Sosial. Disampaikan pada Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Geografi Indonesia (IGI) Wilayah Jawa Barat dan Musyawarah Wilayah II Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI). Bandung.
Kuswandana, Putu Agus. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di Desa Penarukan. e-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. 1-10
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alpabeta.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar Buku 1. Terjemahan Helly Prajitno S & Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sulistyaningsih, Dwi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. JKPM. 1(1):57-62.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning: teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Nurjana, M. Ichsan. 2015. Pengaruh Strategi Belajar Mind Mapping Dalam Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Sosial Siswa pada pembelajaran fisika SMAN 3 Kandangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Volume 3 (2): 74-86.
Neuman, W. L. 2003. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach. Boston: Allyn and Bacon.
Cartledge, G. & milburn, J.A 1995. Teaching social skill to children and youth. Inovatif approach: third edition. Massachussetts: allyn and Bacon.
Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar