EFEKTIFITAS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TREEFINGGER TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF

Main Article Content

Mhd Kifli Hutagalung

Abstract

Seiring Modern nya teknologi dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi secara akurat dan cepat sebab informasi merupakan kebutuhan setiap orang dalam mengambil keputusan saat ini maupun mendatang, perkembangan teknologi yang sangat cepat dan dalamera globalisasi ini sangat berarti bagi semua kalangan masyarakat terutama dari segi pendidikan Gambaran yang diperoleh dari hasil data tentang penggunaan sistem informasi model pembelajaran Treffinger termasuk kategori “Sangat Baik” sesuai dengan analisis data yang dilakukan dengan nilai rata-rata 3,8. Artinya proses pembelajaran sudah terlaksana sesuai dengan kaidah penggunaan model pembelajaran Treffinger. Gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas X SMA Negeri 2 Muara Bungo sebelum penggunaan model pembelajaran Treffinger memiliki nilai rata-rata 24,95 yang termasuk dalam kategori “Gagal” dan gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas X SMA Negeri 2 Muara Bungo sesudah penggunaan model pembelajaran Treffinger memiliki rata-rata 83,60 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Penggunaan sistem informasi model pembelajaran Treffinger efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai gain yaitu 0,58 berada pada kategori “Sedang”. Artinya model pembelajaran Treffinger efektif digunakan dan persentasi keefektifan model pembelajaran Treffinger 68% tergolong kriteria “Efektif”. dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 2 Muara Bungo

Article Details

How to Cite
[1]
M. Hutagalung, “EFEKTIFITAS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TREEFINGGER TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 3, p. 64, Aug. 2017.
Section
Artikel

References

Akbar, Sa’dun.2006. Instumen Perangkat Pembelajaran. Rosada.
Anton. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri MathematicsProject (MMP). JurnalFormatik. Vol.5, No.1