KELAHIRAN SUBJEK NEUROTIK DALAM KARYA DJENAR MAESA AYU

Main Article Content

Ririe Rengganis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji keberadaan subjek neurotik dalam karya Djenar Maesa Ayu melalui penggunaan bahasa yang digunakan tokoh-tokoh cerita dalam empat karya, yaitu Mereka Bilang, Saya Monyet!, Jangan Main-Main (dengan Kelaminmu), Nayla, dan Cerita Pendek Tentang Cerita Cinta Pendek. Untuk memenuhi tujuan penelitian ini, teori psikoanalisis Jacques Lacan digunakan untuk menjelaskan tentang bahasa sebagai pembentuk subjek melalui penggunaan metafora dan metonimia yang digunakan penulis dalam karya-karyanya.


Hasil penelitian ini dipaparkan dalam dua hal berikut. Pertama, melalui fenomena metafora dan metonimia dalam bahasa pada karya-karya DMA dapat diketahui bahwa subjek melalui ekspresi bahasa pada karya sastra menyampaikan hasrat bawah sadar untuk menyampaikan subjektivitasnya. Penyampaian subjektivitas melalui metafora dan metonimia pada karya-karya DMA merupakan reaksi subjektif terhadap nilai-nilai, norma-norma, stigma-stigma, dan stereotipe-stereotipe yang hidup di masyarakat. Penggunaan metafora dan metonimia dalam bahasa pada karya-karya DMA digunakan subjek untuk menyampaikan subjektivitas guna menghindari sensor/larangan yang mewujud dalam nilai-nilai, norma-norma, stigma-stigma, dan stereotipe-stereotipe yang hidup di masyarakat. Dengan adanya sensor/larangan, subjek memiliki batasan untuk menyampaikan subjektvitasnya, sehingga ekspresi bahasa subjek tetap mengikuti konvensi-konvensi yang telah ditetapkan oleh masyarakat sebagai Liyan. Kedua, berdasarkan penggunaan bahasa dan tema cerita yang digunakan subjek, maka diperoleh temuan bahwa sebagai subjek DMA memiliki kecenderungan sebagai subjek neurotik. Subjek melakukan penekanan-penekanan terhadap penanda/makna dengan yang ditandakan, sehingga subjek tergolong sebagai subjek neurotik. Temuan ini didasarkan pada penggunaan bahasa subjek yang menunjukkan ketidakkonsistenan dengan pemberian nama-nama yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa yang ada dan berlaku di masyarakat.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Rengganis, “KELAHIRAN SUBJEK NEUROTIK DALAM KARYA DJENAR MAESA AYU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 59, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Adian, Donny Gahral. 2009. “Pesona Hasrat dalam Psikoanalisis-Struktural Jacques Lacan: Refleksi atas Ketegangan antara Hasrat Memiliki dan Hasrat Menjadi”. Pengantar dalam Jacques Lacan, Diskursus dan Perubahan Sosial: Pengantar Kritik-Budaya Psikoanalisis. Yogyakarta: Jalasutra.
Arivia, Gadis. 2006. Feminisme: Sebuah Kata Hati. Jakarta: Kompas.
Ayu, Djenar Maesa. 2012. Mereka Bilang, Saya Monyet! Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ayu, Djenar Maesa. 2012. Jangan Main-main (dengan Kelaminmu). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ayu, Djenar Maesa. 2012. Nayla. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ayu, Djenar Maesa. 2012. Cerita Pendek tentang Cerita Pendek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Bandel, Katrin. 2006. Sastra, Perempuan, Seks. Yogyakarta: Jalasutra.
Bracher, Mark. 2009. Jacques Lacan, Diskursus dan Perubahan Sosial: Pengantar Kritik-Budaya Psikoanalisis, terjemahan Gunawan Admiranto. Yogyakarta: Jalasutra.
Camden, Vera J. 1993. “Psychoanalytic Theory” dalam Irena R. Makaryk (ed.): Encyclopedia of Contemporary Literary Theory, Approaches, Scholars, Terms. Toronto: University of Toronto Press.
Chiesa, Lorenzo. 2007. Subjectivity and Otherness: A Philosophical Reading of Lacan. Massachusetts: Massachusetts Institute of Technology Press.
Evans, Dylan. 1996. Dictionary of Lacanian Psychoanalysis: An Introductory. London: Routledge.
Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hill, Phillip. 2002. Lacan untuk Pemula. Yogyakarta: Kanisius.
Homer, Sean. 2005. Jacques Lacan. London: Routledge.
Kurniasih. 2009. “Lacan dan Cermin Hasrat Cala Ibi”. Penutup dalam Jacques Lacan, Diskursus dan Perubahan Sosial: Pengantar Kritik-Budaya Psikoanalisis. Yogyakarta: Jalasutra.
Lacan, Jacques. 1977. The Seminar of Jacques Lacan: Book XI The Four Fundamental Concepts of Psychoanalysis, translated by Alan Sheridan. New York: WW Norton and Company.
Lacan, Jacques. 1988. The Seminar of Jacques Lacan I: Freud’s Paper on Technique, translated by John Forrester. Cambridge: Cambridge University Press.
Lacan, Jacques. 2001. Ecrits: A Selection, translated by Alan Sheridan. London: Routledge Classic.
Lacan, Jacques. 2006. Ecrits: The First Complete Edition in English, translated by Bruce Fink. New York: W.W. Norton & Company, Inc.
Lemaire, Anika. 1977. Jacques Lacan. Boston: Routledge and Kegan Paul.
Loekito, Medy. 2003. “Perempuan dan Sastra Seksual” dalam Sastra Kota oleh Linda Christanty dkk (Ed.),. Yogyakarta: Bentang.
Mohamad, Goenawan. 1980. Seks, Sastra, Kita. Jakarta: Sinar Harapan.
Noland, Richard W. 1993. “Sigmund Freud” dalam Irena R. Makaryk (ed.): Encyclopedia of Contemporary Literary Theory, Approaches, Scholars, Terms. Toronto: University of Toronto Press.
Oh, Richard. 2012. “Jangan Main-main Dengan Djenar”. Pengantar dalam Jangan Main-main (Dengan Kelaminmu). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Olesen, Virginia L. 2000. “Feminism and Qualitative Research At and Into The Millenium” dalam Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln (eds.). Handbook of Qualitative Research (Second Edition). Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.
Palmer, Richard E. 2003. Hermeneutika: Teori Baru Mengenal Interpretasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rengganis, Ririe. 2004. Seksualitas Perempuan dalam Saman dan Larung karya Ayu Utami: Sebuah Tinjauan Psikoanalisis Lacanian. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Tesis (tidak diterbitkan).
Roudinesco, Elisabeth. 1990. Jacques Lacan and Co.: A History of Psychoanalysis in France 1925-1985, translated by Jeffrey Mehlman. Chicago: University of Chicago Press.
Sarup, Madan. 2011. Panduan Pengantar untuk Memahami Postrukturalisme dan Postmodernism, terjemahan Medhy Aginta Hidayat. Yogyakarta: Jalasutra.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Wright, Elizabeth. 1998. Feminism and Psychoanalysis: A Critical Dictionary. Massachusetts: Blackwell Publishers Inc.