RESPON MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PANCASILA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun 2020)

Main Article Content

Oni Sahroni Rissa Nuryuniarti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat respon mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang mengambil mata kuliah pancasila yaitu sebanyak 219 orang yang merupakan mahasiswa kesehatan dengan jurusan keperawatan dan kebidanan. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa selama pembelajaran daring dilaksanakan. Berdasarkan pengolahan dan analisis data bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh dosen pada mata kuliah Pancasila sudah dilaksanakan dengan baik. Respon mahasiswa juga sudah menyenangkan dalam pembelajaran daring, terlihat sebanyak 34% merespon menyenangkan, dan 62% merespon cukup menyenangkan. Pembelajaran daring jika dilakukan dengan kesiapan yang baik maka akan mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
O. Sahroni and R. Nuryuniarti, “RESPON MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PANCASILA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 37, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The role of serious games, gamification and Industry 4.0 tools in the Education 4.0 paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120–136.
Anak, U., Dini, U., & Film, D. (2019). THUFULI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 e-ISSN: 1(2019), 1–12.
Chang, C. L., & Fang, M. (2020). E-Learning and Online Instructions of Higher Education during the 2019 Novel Coronavirus Diseases (COVID-19) Epidemic. Journal of Physics: Conference Series, 1574(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1574/1/012166
Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 181(2015), 423–430.
He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online is education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101–105.
Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S. M., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., Mustari, M. I., Nasir, B. M., & Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE) in Big Data Era. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 13(05), 71–85.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Nana, S. (2001). Ibrahim, 2001 Penelitian dan Penilaian Pendidikan. In Bandung: sinar Baru Algensindo.
Orgaz, F., Moral, S., & Dom\’\inguez, C. M. (2018). Student’s Attitude and Perception with the Use of Technology in the University. Journal of Educational Psychology-Propositos Y Representaciones, 6(2), 277–299.
Pragholapati, A. (2020). Covid-19 Impact on Students. EdArXiv Preprints, 1–6.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 4, 49–56.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/
Traxler, J. (2018). Distance learning—Predictions and possibilities. Education Sciences, 8(1), 35.
Van Lancker, W., & Parolin, Z. (2020). COVID-19, school closures, and child poverty: a social crisis in the making. The Lancet Public Health, 5(5), e243–e244. https://doi.org/10.1016/S2468-2667(20)30084-0
Williams, A., Birch, E., & Hancock, P. (2012). The impact of online lecture recordings on student performance. Australasian Journal of Educational Technology, 28(2).
Yani Fitriyani, Irfan Fauzi, M. Z. S. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175.