EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW,QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Emmi Juwita Siregar

Abstract

Penelitian bertujuan  melihat gambaran penerapan strategi pembelajaran PQ4R efektif dalam  peningkatan hasil belajar kimia siswa untuk materi asam basa di kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian dilakukan  mulai bulan Februari-Mei 2020. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan berjumlah 103 orang. Teknik pengambilan sampel : Claster Sampling, serta sampel adalah kelas XI MIA-4 berjumlah siswa 23 orang. Instrumen penelitian yang dipakai : observasi dan tes. Analisis deskriptif didapatkan  nilai rata-rata pelaksanaan strategi pembelajaran PQ4R mencapai 80,17 tergolong kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa sebelum memakai strategi pembelajaran PQ4R mencapai nilai rata-rata 33,91 tergolong  kategori “Gagal”. Hasil belajar siswa sesudah menerapkan  strategi pembelajaran PQ4R mencapai nilai rata-rata sebesar 78,48 tergolong  kategori “Baik”.Menggunakan uji N gain dalam melihat keefektifan strategi pembelajaran PQ4R terhadap  peningkatan hasil belajar kimia dalam  materi asam basa di kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan pada nilai 67 tergolong pada interprestasi efektivitas “Sedang”. Pada analisis statistik inferensial  memakai rumus uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan didapatkan  nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.Hipotesis alternatif yang diajukan diterima / disetujui kebenarannya. Penerapan strategi pembelajaran  PQ4R efektif  terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi asam basa di kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Siregar, “EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW,QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 182, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Adelina. 2015. Hubungan Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Hasil Belajar Kimia Siswa Untuk Materi Pokok Asam Basa Di Kelas XI SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Skripsi.Program Studi Pendidikan Kimia IPTS Tapsel Padangsidimpuan.
Fadilah dan Noviyanti. 2015. Kimia Umum. Padang: Universitas Negeri Padang.
Fitriani. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Asam Basa Di Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia IPTS Tapsel Padangsidimpuan.
Hajjah. 2017.Penggunaan Model Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di kelas XI SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu.Skripsi.Program Studi Pendidikan Kimia IPTS Tapsel Padangsidimpuan.
Indriyanto. 2010. Larutan Penyangga. Jakarta: PT BumiAksara.
Meliana, Rosdiana dkk. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learneng Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Untuk Materi Koloid. Jurnal edisi bio Tropika.vol 3. No 2.
Sabri, Ahmad. 2014. Penerapan Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Ciputatat Press.
Saffan, E., Febriandi. 2017. Peningkatan Aktivitas serta Hasil Belajar Siswa Pada Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review).Jurnal Fitra. Volume 3 Tahun 2017; 104-115.
Safitri, S, R., Budhi, W. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Inkuri Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa.Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 4 Tahun 2017;34-40.
Sarinah., Wijaya, N., Supriatin, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Melalui Media TTS Terhadap Hasil Belajar Kimia Di MTS Darul Ulum Palangka Raya.Jurnal Edu Sains. Volume 3 Tahun 2015; 52-64.