UPAYA MENINGKATKAN MUTU PAI DENGAN PENDEKATAN CONTEKTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI ISLAMIC LEARNING COMMUNITY

Main Article Content

Hilyah Ashoumi Tholib Hariono

Abstract

Belajar agama pada media social seperti youtube atau instagram menjadi alternative pilihan mahasiwa zaman sekarang saat metode PAI di kelas tidak memuaskan dan menjemukan, padahal  konten-konten agama yang ada di media social tidak bisa disaring sehingga materi radikalisme agama sangat mudah diakses, perlu adanya pengembangan model pembelajaran yang bisa diterapkan diluar kelas sehingga materi atau teori kebaikan yang dosen sampaikan di dalam kelas menyentuh ranah keseharian mahasiswa sehingga pemahaman mahasiswa tentang ajaran Islam moderat tidak hanya sampai pada batas ranah kognitif saja tapi menyentuh pada ranah afeksi dan psikomotor. Islamic Learning Community bisa dipakai sebagai solusi dalam pengembangan model pembelajaran. Sehingga tujuan penelitian ini memberikan wawasan dan pengetahuan bagi dosen PAI di PTU khususnya yang sedang memiliki kendala dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Analisa data hasil pengumpulan data penelitian dilakukan secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan tehnik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan Implementasi Islamic Learning Community berbasis CTL berjalan dengan baik, upaya dosen dan tutor dalam meningkatkan kualitas kegiatan Islamic Learning Community berbasis CTL yaitu; penerapan variasi metode pembelajaran, memperhatikan tingkat kemampuan siswa dan memanfaatkan sumber belajar. Disisi lain secara umum dalam meningkatkan kwalitas pendidikan tidak terlepas dari input, proses dan output yang ada.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Ashoumi and T. Hariono, “UPAYA MENINGKATKAN MUTU PAI DENGAN PENDEKATAN CONTEKTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI ISLAMIC LEARNING COMMUNITY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 74, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Aminudin. Tujuan, Strategi dan Model dalam Penelitian Kualitatif, Malang : Lembaga Penelitian UNISMA.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Djam’an Satori dan Aan Komari, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Hadi, Nur. Dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hamdani, A. Saepul. “Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran PAI”. Surabaya: NIZAMIA, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Hidayat, Tatang & Syahidin, “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berpikir Peserta Didik”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XVI, No. 2, Desember 2019.
Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual; Konsep dan Aplikasinya, Bandung: PT Refika Aditama, 2011.
Marno. 2011. “Penciptaan Islamic Learning Community Pada Masyarakat Urban”. Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam Jurnal El-Hikmah, Vol VIII, No 2 page. 01.
Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Muchsin. 2016. “Model Pengembangan Learning Community Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa”. Pogram Pascasarjana IAIN Raden Intan Lampung, , Vol. 9, No. 1 Februari.
Prihantoro, A. 2015. Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Fiqh di MTs Ma’arif Argopeni Ayah Kebumen. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Riyanto, Yatim. 2002. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Sa’ud, Udin Syaefuddin, 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sihono, T. 2004. “Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam KBK”. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 63–83.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.
Suhardin. 2018. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Integrated Instructional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tentang Zakat”. Edukasi : Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 124–137.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Widiatmaja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT. Rosdakarya.
Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metode Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.