PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT MARKETPLACE SHOPEE

Main Article Content

Risma Munte Risma Rosita Girsang Andri Safitri

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak OCR dan rating pada marketplace shopee dengan menambahkan variabel baru yaitu kepercayaan dan minat pembelian pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 100 responden dikumpulkan dari pengguna marketplace shopee di kota Pematangsiantar dengan teknik analisis data menggunakan SPSS 24. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah OCR baik review maupun rating terbukti ada yang memiliki pengaruh dan ada yang tidak memiliki pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan, oleh karena itu marketplace shopee harus menjadikan review dan rating sebagai salah satu tools marketing utama yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.


 

Article Details

How to Cite
[1]
R. Risma, R. Girsang, and A. Safitri, “PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT MARKETPLACE SHOPEE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 187, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Alma Buchari, 2018, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa” Bandung: Alfabeta
American Marketing Association (AMA) dalam Kotler dan Keller 2016 “Marketing Management” Jakarta: Erlangga
Ardianti Nugrahani Asri, “Pengaruh Online Consumer Review dan Online Consumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee”. Jurnal Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
Farki Ahmad. et al., 2016 Pengaruh Online Consumer Review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada market place di Indonesia. Jurnal Teknik ITS Vol. 5, No. 2, (2016).
Kotller dan Keller, 2016 “Marketing Management” Jakarta: Erlangga
Masyita, I. et al., 2018 Pengaruh Customer Online Rating and Review terhadap Minat Beli Komsumen pada Market place Tokopedia di Wilayah DKi Jakarta. Journal of Management, 5, 2018.
Sugiyono, 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D” Cetakan ke17. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto Danang, 2012:194 “Perilaku Konsumen”, Yogyakarta:CAPS
Website Resmi Aplikasi Shopee, Pada Laman Online Consumer Review dan Rating, Diakses Pada Maret 2020.