KOSAKATA DAN TATA BAHASA DALAM WACANA BERTEMA “PEMBUNUHAN” DI HARIAN PAGI “POSMETRO” PADANG EDISI 2-8 MEI 2013

Main Article Content

Bimerdin Daely

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap dan jelas mengenai ideologi yang digunakan harian pagi Posmetro Padang, edisi 2-8 Mei 2013. Penelitian ini difokuskan pada wacana yang bertema. Jenis penelitian ini adalah metode yang digunakan untuk menganalisis data analisis isi kualitatif. Analisis isi kualitatif adalah suatu metode yang biasa digunakan untuk memahami pesan simbolik dari suatu wacana atau teks, dalam hal ini adalah teks-teks berita. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa harian pagi Posmetro Padang menggunakan kosakata dan tata bahasa dalam memproduksi wacana bertema pembunuhan. Ada beberapa jenis kosakata yang digunakan, yaitu kosakata membuat klasifikasi, membatasi pandangan, pertarungan wacana, dan marjinalisasi. Yang paling banyak digunakan adalah membuat klasifikasi dan membatasi pandangan. Untuk tata bahasa, terdiri atas model transitif, model intransitif, korelasional, pasivasi, dan nominalisasi. Yang paling banyak digunakan adalah model transitif dan pasivasi. Model korelasional tidak digunakan oleh harian pagi Posmetro Padang dalam wacana bertema “pembunuhan”, edisi 2-8 Mei 2013.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Daely, “KOSAKATA DAN TATA BAHASA DALAM WACANA BERTEMA “PEMBUNUHAN” DI HARIAN PAGI ‘POSMETRO’ PADANG EDISI 2-8 MEI 2013”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 106, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Eriyanto. 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang.
Brown, Gillian & George Yule. 1996. Analisis Wacana (Discourse Analysis). Jakarta: Gramedia.
Harian Pagi Posmetro Padang No. 4.126 Tahun XIII. Edisi 2-8 Mei 2013. Padang.